-- SMKPP N BANJARBARU MENGADAKAN PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BAGI GURU (9 SD 10 OKTOBER 2017) --- NILAI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT SMKPP N BANJARBARU SEMESTER 1 TAHUN 2017: 82.22 % (SANGAT BAIK) --

Pencarian
Waktu saat ini
Agenda
20 October 2017
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
Pelayanan
PPID SPPNBANJARBARU
Pelayanan Publik
E-Library SMK-PP N Banjarbaru
Link Terkait
WBS KEMENTAN RIKalender Tanam PertanianLPSE Kementerian PertanianKEMENDIKBUDKota BanjarbaruKalselProv

KUNJUNGAN PARA PETANI DESA MITRA SMK-PP N BANJARBARU

Tanggal : 11/07/2014, 09:14:20, dibaca 785 kali.

Banjarbaru, (06/11/14) Seiring dengan wajibnya Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pertanian dalam mendukung 4 program swasembada dan swasembada berkelanjutan oleh Kementerian Pertanian, maka SMK-PP Negeri Banjarbaru ikut juga mendukung dan melaksanakan program tersebut dengan melakukan kerjasama dengan petani yang disebut Desa Mitra.


   Maka demi menambah pengetahuan tentang dunia pertanian di Indonesia, pada hari rabu, 5/11/2014, SMK-PP N Banjarbaru dengan di komandoi oleh Wakasek Humas & Industri Bapak Slamet Riadi, mengajak para petani-petani desa mitra SMK-PP Negeri Banjarbaru melakuakan kunjungan ke instansi-instansi yang mengurusi dunia pertanian baik instansi Propinsi dan nasional.


   Instansi yang di kunjungi diantaranya adalah: Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Propinsi Kalimantan Selatan, Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa (BALITTRA) Banjarbaru - UPT Kementerian Pertanian dan Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPSBTPH) Propinsi Kalimantan Selatan.


   Kelompok tani desa mitra SMK-PP Negeri Banjuarbaru yang mengikuti kunjungan tersebut yaitu diantaranya: Kelompok Tani Sejahtera Alunan Padi Melambai, Kec. Gambut, Kab. Banjar, Kelompok Tani Maju Bersama, Kec. Sungai Ulin, Kota Banjarbaru dan Kelompok Tani Srikandi, Kec. Kurau, Kab. Tanah Laut


   Pada kunjungan di BPTPH para petani diberikan materi tentang hama dan penyakit padi, strategi pengamanan dari serangan hama penyakit, pemanfaatan predator alami ham penyakit tanaman.dan pengendalian hama penyakit tanaman padi. Pemateri-pemateri tersebut dipaparkan langsung oleh Bapak Sugian Suryadi dan Bapak Witnu santosa selaku para penyuluh dan ahli dibidangnya.


   Kunjungan kemudian dilanjutkan ke Balittra yang berada di Jalan Kebun Karet, Banjarbaru. Kunjungan tersebut para petani diberikan materi tentang berbagai cara tanam padi dilahan rawa, jenis-jenis padi yang dikembangan khusus di lahan rawa, perawatan padi di lahan rawa dan tentang hama di pertanian lahan rawa. Pemateri di Balittra dipaparkan oleh Ibu Kusrini dan Bapak Thamrin selaku peneliti dari Balittra.


   Kunjungan terakhir dilakukan di BPSBTPH diterima langsung oleh kepala Balai Ibu, pada kesempatan tersebut para petani diberikan materi tentang berbagi jenis-jenis tanaman atau bibit lokal asli dari Kalimantan Selatan, tata cara pengajuan sertifikasi benih ke BPSBTPH dan cara pemilihan bibit unggul untuk menjadi bibit. Pemateri-pemateri merupakan para ahli di bidangnya yaitu Kasie Pelayan Kultivar dan sertifikasi serta Kasie Pelayanan, pengawasan dan peredaran laboratorium. (WD)


Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas