-- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU --- SELAMAT HARI KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KORPRI) KE-47 (29 NOVEMBER 1971 – 2018) --- SELAMAT MELAKSANAKAN UJIAN SEMESTER GANJIL BAGI SISWA TP. 2018/2019 --- -

Pencarian
Waktu saat ini
Agenda
15 December 2018
M
S
S
R
K
J
S
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
Pelayanan
Informasi Publik
PPID SPPNBANJARBARU
Pelayanan Publik
E-Online
CBT OnlineMenu DownloadE Rapor OnlineE-Library SMK-PP N BanjarbaruE-PersonalInfografis

LATIHAN DASAR PRAMUKA - SAKA TARUNA BUMI 2018

Tanggal : 02/08/2018, 07:58:01, dibaca 279 kali.

Banjarbaru, (8/2/18) SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai salah satu sekolah yang berada di Kalimantan Selatan ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan kepanduan yaitu Pramuka. Pada kali SMK-PP N Banjarbaru melaksanakan kegiatan kepramukaan berupa latihan dasar (Latdas) kepramukaan. Latihan ini berupa kegiatan berbasis saka taruna bumi, dimana pramuka mendukung kegiatan di dalam pembangunan pertanian, maka kegiatan tersebut sesuai dengan SMK-PP N Banjarbaru sebagai sekolah pertanian.


Pelaksanaan Latdas pramuka ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 3 sd 4 Februari 2018 yang diikuti oleh 40 siswa kelas X yang telah ditunjuk sebagai peserta oleh panitia. Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa tempat di SMK-PP N Banjarbaru yaitu di antaranya: kampus, lahan praktek serta di asrama kasturi.


Latdas yang dibuka pada hari sabtu, pukul 13.30 ini dibuka oleh Kepala Sekolah, Bapak Suherman dan Wakasek Kesiswaan, Ibu Patmawati dan ditutup pada besok harinya hari minggu pukul 17.00 wita. Kegiatan latdas ini juga dibantu pembina pramuka SMK-PP N Banjarbaru beserta kakak pembina yang merupakan alumni dan kakak kelas XII dari SMK-PP N Banjarbaru.


Pada pembukaan tersebut, Kepala Sekolah SMKPP N Banjarbaru menyampaikan, "Disiplin merupakaan taat kepada aturan sekolah, bagaimana tolong menolong itu luar biasa, Pramuka itu tidak main-main, banyak permainan tersedia itu bagus, bagaimana menghormati yang lebih tua dan bagaimana menyayangi yang lebih muda, yang sesuai dengan slogan kita, bahwa di sekolah ini ada olah pikir, olah raga dan olah rasa, oleh karena itu saya berharap ini (pramuka) diikuti dengan serius"' pungkasnya.


Kegiatan-kegiatan latdas pramuka saka taruna bumi dengan jumlah jam pelajaran 28 jam ini, yaitu diantaranya: pendalaman, manajemen ambalan, pendalaman krida, perjalanan bakti, SKU-SKK, gladi tangguh, adat ambalam, sandi ambalan, renungan jiwa, senam, pelantikan penegak, outbound dan post test dan penutupan


Perlu diketahui bahwa Satuan Karya Pramuka (Saka) Tarunabumi adalah wadah bagi para Pramuka untuk meningkatkan dan mengembangkan kepemimpinan, pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan para anggotanya, sehingga mereka dapat melaksanakan kegiatan nyata dan produktif serta bermanfaat dalam mendukung kegiatan pembangunan pertanian.


Tujuan dibentuknya Saka Tarunabumi adalah untuk mewujudkan kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional di bidang pertanian dengan menyediakan wadah pendidikan luar sekolah di bidang pertanian kepada para Pramuka terutama Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega serta kepada pemuda calon anggota Pramuka dan para peminat yang memenuhi persayaratan.(WD)




Humas SMK-PP N Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas