-- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU --- SELAMAT HUT SMK PP (SPMA/SPP) NEGERI BANJARABARU KE 63 TAHUN (1 NOVEMBER 1955-2018) --- SELAMAT PELATIHAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) KOMPETENSI ATPH (15 sd 30 NOVEMBER 2018) --- -

Pencarian
Waktu saat ini
Agenda
18 November 2018
M
S
S
R
K
J
S
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
Pelayanan
Informasi Publik
PPID SPPNBANJARBARU
Pelayanan Publik
E-Online
CBT OnlineMenu DownloadE Rapor OnlineE-Library SMK-PP N BanjarbaruE-PersonalInfografis

MAHASISWA ULM PRAKTEK DI KEBUN SMK PERTANIAN BANJARBARU

Tanggal : 05/21/2018, 10:49:25, dibaca 264 kali.

Banjarbaru (19/5/2018) Sebagai sekolah pertanian, SMKPP Banjarbaru tentu memiliki kebun praktik. Kebun praktik SMK Pertanian Pembangunan (SMK PP)  Negeri Banjarbaru tergolong luas dan lengkap koleksi tanamannya,mulai dari tanaman perkebunan, seperti sawit, karet, aneka buah buahan sampai tanaman pangan dan hortikultura seperti sayur mayur ada dikebun praktik.


Sudah sering Kebun praktik sekolah pertanian dibanjarbatu itu mendapatkan kunjungan dari beberapa instansi mulai sekolah taman kanak kanak sampai perguruan tinggi di Banjarbaru dan sekitarnya. Seperti kali ini kebun praktik SMK PP BANJARBARU mendapatkan kunjungan dari mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat pada hari Rabu, 16 Mei 2018. 


Sebanyak 31 orang mahasiswa datang ke kebun praktik yang berada di guntung lua, Banjarbaru itu.  Tujuan mereka tak hanya sekedar berkunjung tetapi juga sebagai bagian praktik perkuliahan. Para mahasiswa itu didampingi oleh 2 dosen, Prof. Dr. Ir. Samharinto dan Dewi Fitriyanti, SP, MP.  


"Kami merasa sangat senang diberi kesempatan melakukan praktik di sini, mengingat tanaman di sini cukup beragam." kata bapak Samharinto. 


Setelah disambut dan diberi pengarahan oleh kepala kebun praktik SMK PP Negeri Banjarbaru, Bapak Soetarno,  para mahasiswa kemudian melakukan pengamatan hama dan penyakit pada beberapa jenis tanaman.  Kegiatan ini merupakan tugas praktik yang dibebankan pada mereka.  


Masing-masing mahasiswa tampak serius melakukan pengamatan akan adanya hama dan penyakit pada beberapa jenis tanaman. Mereka mengamati daun, batang, dan buah pada beberapa jenis tanaman. Kemudian mencatat jenis hama dan penyakit yang muncul pada tanaman tersebut. 


Tanaman yang diamati adalah tanaman yang tumbuh di lahan praktik yang cukup luas tersebut.   Diantaranya adalah kakao, kopi,  sawit, kelapa, durian, jeruk, nangka, sirsak dan bunga kol.  Hasil pengamatan itu didokumentasikan dam digunakan untuk kegiatan perkuliahan selanjutnya.


Bapak Soetarno mengatakan jika lahan praktik di Guntung Lua ini terbuka untuk siapa saja yang ingin belajar tentang pertanian. "Sebelumnya kami juga beberapa kali menerima kedatangan peserta didik untuk belajar di kebun ini."ucapnya.


Sementara itu,  Kepala Tata Usaha SMK PP Negeri Banjarbaru,  Irwanto menyambut dengan antusias kegiatan ini.  "Sebagai sama-sama lembaga pendidikan, akan lebih baik untuk ke depannya dibuat MOU, agar kegiatan semacam ini bisa terus berlanjut. " ucapnya. 


Kunjungan untuk melihat kebun praktek SMKPP N Banjarbaru di Guntung Lua, sudah sering di laksanakan, sebab lahan praktek ini memiliki koleksi yang banyak dan mudah dia akses, karena berada di tengah kota. Apabila akan melaksanakan kunjungan atau study banding silakan mengajukan surat permohonan ke sekolah, agar pihak sekolah dapat mempersiapkan pengarah dan kondisi di lapangan. (Ed)


Tim Pemberitaan SMKPP N Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas