-- SELAMAT HARI KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KORPRI) KE-46 (29 NOVEMBER 1971-2017) --- SMKPP N BANJARBARU MENGUCAPKAN SELAMAT MELAKSANAKAN UJIAN SEMESTER GANJIL BAGI SISWA TP. 2017/2018 --

Pencarian
Waktu saat ini
Agenda
11 December 2017
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
Pelayanan
Informasi Publik
PPID SPPNBANJARBARU
Pelayanan Publik
E-Online
Menu DownloadCBT E-LearningE Rapor OnlineE-Library SMK-PP N BanjarbaruE-PersonalInfografis

PERAN MEDIA SOSIAL YANG SEMAKIN MENGAKAR DI LINGKUNGAN MASYARAKAT

Tanggal : 28-11-2017 08:24, dibaca 52 kali.

Kita tahu bahwa dengan semakin majunya peradaban tentunya akan semakin berkembangnya teknologi-teknologi baru. Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat berpengaruh besar terhadap perkembangan situasi global saat ini. Pada kenyataannya, teknologi informasi selalu memberikan feedback, baik secara positif maupun negatif terhadap setiap aspek kehidupan. Kita boleh membuka diri kepada siapa saja yang jelasnya tidak boleh juga terlalu telanjang dan perlu filter.

Salah satu teknologi baru yang dewasa ini menjadi booming salah satunya ialah Media Sosial (medsos). Media Sosial yang mulai berkembang sekitar awal 2010an ini, sekarang ini semakin bermunculan dan banyak jumlahnya. Di zaman sekarang, media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang. Jejaring media sosial yang digunakan oleh masyarakat banyak jenisnya diantaranya facebook, twitter, telegram, instagram, whatsapp dan lain-lain.

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. (Wikipedia)

Kenapa media sosial begitu dapat diterima dan mengakar di masyarakat, baik dari kalangan bawah sampai atas, karena media sosial menyediakan informasi yang cepat akurat serta murah dan mudah.  Beragam informasi bisa diperoleh dengan mudah dan cepat, baik itu informasi layanan publik, gangguan keamanan, kemacetan, kecelakaan dan sebagainya. Itulah yang membuat instansi-instansi saat ini mulai bersosialisasi lewat sosial media, sehingga informasi seputar organisasi dapat kita ketahui sesegera mungkin.

Selain itu juga media sosial dapat mengakrabkan hubungan pertemanan dan mempererat silaturahmi. Karena kesibukan adalah salah satu yang membelenggu kita untuk saling kenal satu sama lainnya. Hal terakhir yang menjadikan media sosial sangat mengakar dimasyarakat ialah menambah wawasan dan pengetahuan. Sesuatu hal yang tidak diketahui dan anda butuh jawaban secepatnya, tidak harus bertanya kesana kemari, cukup browsing di google dan ketik pertanyaan anda maka dalam sekejab muncul jawabannya.

Namun media sosial mempunyai juga dampak negatif yang membuat pola hidup manusia menjadi berubah. Dampak negatif yang ditimbulkan sangatlah beragam diantaranya manusia enggan lagi untuk keluar rumah dan bersosialisasi serta bermasyarakat sehingga secara langsung menjadi tidak peduli dengan keadaan sekitar. Maka akan mempengaruhi pada perubahan tatanan kehidupan masyarakat, dengan cara mempengaruhi pola pikir dan perilaku masyarakat dalam menerima serta menganalisis informasi yang sifatnya menghasut sehingga menimbulkan keresahan.

Disamping itu juga akan meningkatkan kejahatan yang dikenal dengan sebutan cyber crime yang terjadi di dunia maya seperti hacking, cracking, phising, spamming, dan lain-lain, sehingga mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal serta banyaknya penipuan yang dilakukan menggunakan media sosial, seperti online shop yang tidak benar-benar menjual suatu produk.

Selain itu media sosial menjadi alat  propaganda dalam suatu konflik antar pihak yang sedang bertikai. Dalam propaganda yang dilakukan melalui media sosial yang ada, dapat mengeksploitasi kelemahan-kelemahan dan menyebarkan isu-isu negatif kedua belah pihak yang berseteru.

Setelah melihat dampak positif dan negatif di atas kita harus bisa memilah dan memilih serta menyeleksi berita, info dan data yang disebarkan melalui media sosial tersebut. Kita  selaku manusia yang memiliki akal dan pikiran harus dapat memanfaatkan media sosial untuk kemaslahatan bersama. Jangan sampai media sosial sebagai pengembangan teknologi yang makin maju justru akan menjeremuskan kita pada hal-hal merugikan diri sendiri dan keluarga.

Namun kita tidak juga bisa mengelak bahwa perkembangan dan kemajuan teknologi harus kita ikuti dan kita gunakan, karena apabila kita tidak mengikuti, kita akan tertinggal dan tertindas oleh kemampuan orang lain dan tentunya negara lain. Maka kita harus mampu mengusai media sosial dan tentunya teknologi baru agar kita dapat bertahan dan mampu bersaing dengan yang lainnya. Namun dengan mengusai teknologi, kita jangan lupa bahwa kita manusia yang harus berinteraksi dan bermasyarakat.

Sekali lagi kita harus dapat menggunakan teknologi baru seperti media sosial dengan bijak dan dewasa, agar tidak menimbulkan polemik dan masalah kedepannya. Sebab kita sebagai manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, sehingga alangkah baiknya kita dapat mengusai teknologi namun kita tetap rendah hati dan menyaring dalam menyikapi konten-konten yang terkirim di media sosial.(wd)

 

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
http://rubik.okezone.com/read/43202/pengaruh-media-sosial-dalam-kehidupan




Pengirim : Willy Darmawan, S.IP
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas