-- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU --- SMKPP NEGERI BANJARBARU MENGUCAPKAN DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 73 TAHUN, 17 AGUSTUS 1945 - 2018 --- -

SIMPPEL: APLIKASI PELAYANAN BERBASIS ANDROID

Tanggal : 15-06-2018 08:37, dibaca 160 kali.

Badan Publik adalah lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, dan badan lain yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara, yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan/atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, atau organisasi nonpemerintah sepanjang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan/atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, sumbangan masyarakat, dan/atau luar negeri.1

Salah satu badan publik di Indonesia ialah Kementerian, maka Kementerian Pertanian (Kementan) merupakan salah satu dari badan publik tersebut. Kementan sebagai salah satu kementerian di Indonesia tentunya memiliki unit-unit di bawahnya, baik Eselon 1, 2, 3, 4 dan tentunya terdapat juga Unit Pelaksana Teknis (UPT) di daerah.

Kementan sebagai badan publik harus melaksanakan pelayanan publik kepada masyarakat sesuai dengan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (UU no. 14 tahun 2008) yang mengatur hak dan kewajiban Badan Publik dalam menyediakan akses informasi publik bagi masyarakat, termasuk sanksi bagi badan publik apabila tidak memberikan informasi tersebut sesuai aturan.

Selain itu, berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Negara berkewajiban melayani setiap warga negara dan penduduk untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publik yang merupakan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik yang dilakukan penyelenggara pelayanan publik merupakan kegiatan yang harus dilakukan seiring dengan harapan dan tuntutan seluruh warga negara dan penduduk tentang peningkatan pelayanan publik, sebagai upaya untuk mempertegas hak dan kewajiban setiap warga negara dan penduduk serta terwujudnya tanggung jawab negara dan korporasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik, diperlukan norma hukum yang memberi pengaturan secara jelas, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan menjamin penyediaan pelayanan publik sesuai dengan asas-asas umum pemerintahan dan korporasi yang baik serta untuk memberi perlindungan bagi setiap warga negara dan penduduk dari penyalahgunaan wewenang di dalam penyelenggaraan pelayanan publik.2

SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai salah satu UPT Kementerian Pertanian tentunya akan selalu dibina oleh pembina utamanya, khususnya oleh Eselon I nya, yaitu Badan Penyuluhan dan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, tentunya juga melaksanakan  pelayanan publik.i

Kementerian Pertanian sebagai badan publik juga di tuntut untuk melakukan berbagai terobosan di bidang pelayanan publik, khususnya dalam proses masyarakat mendapatkan pelayanan yang cepat, kapan saja dan dimana saja. Maka dari itu Kementan melakukan terobosan dengan mengajak UPT-UPT di bawahnya untuk berinovasi dalam pelayanan publik.

SMKPP N Banjarbaru menyambut hal tersebut dengan baik dan membuat sebuah aplikasi bagi smartphone yang bisa di buka di mana  saja dan kapan saja. Maka oleh itu SMKPP N Banjarbaru melakukan perencanaan, pembuatan, dan pengaplikasian suatu program berbasis android yang diberi nama yaitu aplikasi Sistem Pelayanan Permohonan disingkat dengan SIMPPEL.

Aplikasi yang digagas oleh Mantan Kepala Tata Usaha, Bapak Amali Syarifudin pada tahun 2015, pada akhirnya selesai dan dapat digunakan pada akhir tahun 2017 kemarin. Aplikasi yang di buat oleh Pegawai SMKPP N Banjarbaru bidang IT, yaitu M. Noor TM ini memberikan sebuah terobosan dalam pelaksanaan sebuah pelayanan publik di SMKPP N Banjarbaru.

Aplikasi ini merupakan sistem yg kami coba buat, karena setiap upt harus menggagas  ide atau inovasi  dalam mempermudah pelayanan publik, sehingga kami ingin pengarsipan lebih aman dan paperless karena data langsung terekap”, Kata Kepala Tata Usaha, Bapak Irwanto.

Aplikasinya diharapkan mampu mempecepat pelayanan yg ada di smkpp Banjarbaru, khususnya bagi alumni yg berada jauh dari lokasi sekolah atau luar kota. Dengan ada nya simppel, juga di harapkan mampu mengurangi biaya yg harus dikeluarkan oleh pengguna karna harus bolak balik datang demi mengurus legalisir, dll", Kata pencipta aplikasi SIMPPEL, M. Noor TM.

"Selain itu Simppel juga di tujukan untuk mengetahui data dan alamat terbaru alumni (untuk kebutuhan penelusuran alumni)", Ujarnya.

Aplikasi SIMPPEL ini akan memudahkan para pengguna jasa dalam menggunakan 4 pelayanan yang SMKPP N Banjarbaru laksanakan. Aplikasi ini bisa di unduh melalui website SMKPP Negeri Banjarbaru yaitu www.spmabanjarbaru.sch.id melalui bagian info sekolah serta nantinya akan tersedia di playstore android.

Link Download via website: http://spmabanjarbaru.sch.id/index.php?id=info&kode=83
via google playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=appinventor.ai_m_noor_tm86.SIMPPEL

Aplikasi SIMPPEL tentunya membutuhkan jaringan internet untuk mengunduh dan membukanya, selain itu aplikasi ini minimal membutuhkan smartphone android dengan spesifikasi minimal sebagai berikut:

1.OS Android 2.3 (Froyo)
2.RAM 512Mb
3.ROM 1Gb
4.Kamera Belakang 2MP

Perlu diketahui bahwa SMKPP N Banjarbaru mempunyai 4 standar pelayanan tersebut diantaranya: Administrasi Pendidikan, Legalisir Ijazah, Penerimaan Siswa Baru (PSB) dan Peminjaman Gedung. 4 pelayanan di atas semua tersedia dalam aplikasi SIMPPEL, namun untuk pendaftaran siswa baru tidak bisa mendaftar online hanya dapat mengunduh formulir serta syarat calon siswa baru saja.

Selain itu kegiatan public hearing ini merupakan salah bentuk dari pelayanan publik harus dilaksanakan oleh semua instansti baik pusat ataupun daerah tersebut mengacu pada UU No, 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik, serta Peraturan Pemerintah No. 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dan Peraturan pemerintah No. 96 Tahun 2012 tentang pelaksanaan pelayanan publik. (WD)

Sumber:

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Badan_Publik#cite_note-1
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Undang-Undang_Pelayanan_Publik

Humas SMKPP Negeri Banjarbaru



Pengirim : Willy Darmawan, S.IP
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas