-- SELAMAT HARI KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KORPRI) KE-46 (29 NOVEMBER 1971-2017) --- SMKPP N BANJARBARU MENGUCAPKAN SELAMAT MELAKSANAKAN UJIAN SEMESTER GANJIL BAGI SISWA TP. 2017/2018 --

TIPS SEDERHANA SUKSES BERAGRIBISNIS

Tanggal : 18-05-2013 21:45, dibaca 974 kali.

Kita telah pahami bersama saat ini terjadi perubahan paradigkma pertanian. Pergeseran itu bisa dilihat dari perubahan orientasi dari pertanian konvensional menjadi pertanian yang komersial. Ya !!! inilah tren dengan sebutan agribisnis. Gampangnyayaitu kegiatan bisnis dalam pertanian.

Selayaknya kegiatan bisnis, yang menjadi goal para pelakunya yaitu keuntungan yang sebesar-besarnya. Kembali lagi disni menyentuh konsep ekonomi, dengan penghasilan yan yang tinggi tapi cost yang rendah.

Baiklah kembali kepada fokus yaitu tips sederhana sukses dalam beragribisnis....

1.Berawal dari akhir berakhir dari awal.

Bahwa agribisnis diawali dengan kegiatan survey kemudian dilakuka proses berikutnya. Inilah pentingnya melakkan analisis pasar guna menentukan komoditas atau bidang usaha dalam agribisnis. Untuk memulai agirbisnis tidak serta merta cangkul dan tanam. Penting sekali riset pasar untuk menentukan usaha agribisnis yang potensial. Kemuadian hasil risetnya ditunagkan dalam usaha yang nyata.

2. Low cost

Sudah jadi syarat untuk menuai keuntungan dalam agirbisnis yaitu bagaimana menekan besarnya biaya untuk memperoleh hasil yang besar. Trik yang bisa dilakukan dengan selektif dalam mengeluarkan biaya. Sebagai contoh dalam pengolahan tanah, jika bisa dengan hamparan maka tidak perlu di buatka bedengan. JIka memupuk dengan tugal lebih praktis dari pada lingkaran bisa jadi pilihan. Bisa juga guakan input sekitar misal dengan mengembalikan bahan organik. Secara tidak langsung akan menekan kebutuhan pupuk kimia.

3. Teknologi tepat wilayah

Maksudnya yaitu tidak semua teknlogi produksi cocok pada suatu tempat. Maka sudah barang tentu jika mengadopsi teknologi dari luar harus mempertimbangkan kecocokan dengan wilayah sendiri.

4. Ramah lingkungan

Menjadi isu penting beberapa dekade akhir, yaitu pertanian yang lestari. Upayakan segala kegiatan yang dilakukan dalam agribisnis dengan konsep keberlanjutan. Jangan sampai sekali usah selanjunta lahan rusak atau sumberdaya macet.

5. Update informasi

Informasi menjadi penting ketika agribisnis berjalan. Masih ada kaitan dengan penjelasan diatas. Bahwa informasi yang diperlukan seperti harga, teknologi, pengalaman, dsb menjadi penting utnuk diusahakan. Jangan sampai ketinggalan berita.

Demikian tips sederhana ini semoga manfaat....



Pengirim : Abdul Wahid, SST
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :

Pengirim : asSlxyffpv -  [alexd@emaileverybody.bid]  Tanggal : 19/10/2016
<a href=http://cialisonline.link/>cialis</a> <a href=http://nolvadex.club/>nolvadex</a> <a href=http://onlinecialis.party/>cialis</a>

Pengirim : iRIJnKClmix -  [qcvcbn@nblgde.com]  Tanggal : 15/06/2013
7UhU2N <a href=\"http://quptuhffpaez.com/\">quptuhffpaez</a>

Pengirim : QxwUHrLQstxBCoc -  [teri@simplifiedcoach.com]  Tanggal : 11/06/2013
Soy Jade de Australia y estoy interesado en entnaorcr un programa voluntariado en Guatemala. En este momento estoy viajando a trave9s de Belice y Guatemala podreda comenzar en el prf3ximo par de semanas o en el prf3ximo mes.Me gustareda mejorar el nivel be1sico a intermedio de espaf1ol por tomar clases, viviendo con una familia y el voluntariado. En mi pais trabajaba en turismo y tengo experiencia con sustainabilidad del turisimo en universidad. bfPuede decirme si el voluntariado incluye el alojamiento y la comida? Tambie9n por favor me puede decir todos los detalles del costo y la aplicacif3n?GraciasJade Springer


   Kembali ke Atas