-- SMKPP N BANJARBARU MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PANGAN SEDUNIA (16 OKTOBER 2017) --- NILAI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT SMKPP N BANJARBARU SEMESTER 1 TAHUN 2017: 82.22 % (SANGAT BAIK) --

Pencarian
Waktu saat ini
Agenda
23 October 2017
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
Pelayanan
PPID SPPNBANJARBARU
Pelayanan Publik
E-Library SMK-PP N Banjarbaru
Link Terkait
WBS KEMENTAN RIKalender Tanam PertanianLPSE Kementerian PertanianKEMENDIKBUDKota BanjarbaruKalselProv

6 Gejala Medis yang Perlu Diwaspadai

Tanggal : 03-01-2014 09:05, dibaca 1649 kali.

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia

Klikdokter.com – Tidak sedikit akhir-akhir ini banyak penderita penyakit degeneratif yang datang ke dokter justru sudah dalam kondisi sudah kronik.  Sebut saja diantaranya seperti diabetes, osteoporosis, stroke, hipertensi dan masih banyak lagi. Sangat disayangkan temuan kondisi tubuh sulit disembuhkan kecuali dengan upaya keras pasien dan dokter serta izin Tuhan YMK.

Hal ini banyak difaktori karena tidak sedikit juga pasien yang tidak menyadari telah muncul gejala-gejala penyakit tersebut sebelumnya, namun diabaikan karena kurangnya pengetahuan kesehatan ataupun rendahnya pemaknaan nilai kesehatan pada dirinya. Semua penyakit-penyakit tersebut dikenal memiliki sebagai ‘silent killer’, karena munculnya seolah sekonyong-konyong tiba-tiba akut, padahal penyakit-penyakit tersebut sejatinya kronis dan lama mengintai.

Namun jika Anda peduli dengan kesehatan Anda lebih dini, maka tetap lanjutkan membaca artikel ini, karena berikut ini adalah beberapa paparan gejala-gejala penyakit yang seringkali disepelekan namun fatal bak bom waktu, antara lain:

 

  1. Kelemahan dari tangan atau kaki, kesemutan, kebal, pusing, pandangan ganda, sulit berbicara, sulit menemukan kata-kata, kelemahan tubuh terutama kelemahan tubuh sebelah

Tanda-tanda ini merupakan suatu tanda dari stroke, yaitu suatu keadaan dimana pembuluh darah yang mensuplai oksigen ke otak tersumbat atau pecah yang membuat jaringan otak mati. Waktu merupakan hak yang penting jadi bila memang ada tanda-tanda ini segera hubungi rumah sakit.

 

  1. Nyeri dada atau rasa tidak enak di dada, nyeri pada tangan, dagu atau leher; keringat dingin; kelemahan yang berat; mual; muntah; ingin pingsan; atau sesak nafas

Tanda-tanda ini merupakan tanda dari serangan jantung. Bila timbul gejala ini ada baiknya Anda segera menghubungi rumah sakit. Tidak semua orang yang menderita serangan jantung merasakan nyeri dada. Banyak orang terutama wanita, orangtua, atau orang dengan diabetes yang tidak merasakan nyeri dada, namun hanya muncul keluhan mendadak nyeri kepala, jantung berdebar, sesak nafas, keringat berlebihan, mual dan muntah.

 

  1. Nyeri pada kaki belakang, nyeri dada,  sesak nafas atau batuk darah

Keluahan ini merupakan tanda dari adanya penyumbatan di pembuluh darah kaki terutama bila keluhan ini muncul setelah duduk dalam waktu lama.

 

  1. Darah pada urin disertai nyeri

Bila muncul darah di urin merupakan keadaan dimana sebaiknya Anda mengunjungi dokter walaupun tidak ada nyeri. Urin disertai nyeri merupakan suatu tanda adanya infeksi pada saluran kemih atau prostat atau batu ginjal.

 

  1. Gejala asma yang tidak membaik

Serangan asma biasanya ditandai dengan mengi atau kesulitan bernafas. Bila dengan obat keluhan tetap tidak membaik sebaiknya Anda segera menghubungi rumah sakit. Bila serangan asma tidak diobati maka dapat terjadi kelemahan otot dada hingga kematian.

 

  1. Depresi dan keinginan bunuh diri

Depresi dapat menjadi keluhan yang sangat menggangu dan serius untuk beberapa orang. Gejala dari depresi seperti kesedihan, kelelahan, cemas, perubahan pola tidur dan kehilangan nafsu makan.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Sumber: http://id.she.yahoo.com/6-gejala-medis-yang-perlu-diwaspadai-053048185.html

(W.D)



Pengirim :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas