-- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU --- SMKPP NEGERI BANJARBARU MENGUCAPKAN DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 73 TAHUN, 17 AGUSTUS 1945 - 2018 --- -

PWMP SMK-PPN BANJARBARU Tahun 2017

Tanggal : 19-09-2017 08:02, dibaca 749 kali.

Sektor pertanian saat ini dihadapkan pada tantangan menurunnya minat para pemuda untuk bekerja di sektor pertanian. Pemuda di pedesaan dan bahkan lulusan Sarjana pertanian  lebih memilih bekerja pada sektor informal di perkotaan sehingga terjadi arus mengalirnya tenaga kerja dari pedesaan ke perkotaan.

Maka dengan permasalahan tersebut Kementerian Pertanian melalui BPPSDM melaksanakan kegiatan Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) sebagai salah satu upaya menumbuhkan minat generasi muda terhadap dunia pertanian pada tahun 2016.

Maka dalam rangka melanjutkan dalam menciptakan generasi muda yang mau berwirausaha dalam sektor pertanian , Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian pada tahun 2017 tetap melanjutkan program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP).

Melalui kegiatan ini peserta didik akan bertindak sebagai Agripreneur, diharapkan setelah menjadi tenaga terdidik pertanian akan menjadi pengusaha pertanian, sekaligus menjadi penggerak dan pencipta lapangan kerja di sektor pertanian. Pada tahun ini, SMK – PP N Banjarbaru mendapatkan jatah 2 kelompok untuk kegiatan PWMP.

Untuk menindaklanjuti kegiatan tersebut, Panitia PWMP SMK - PP N Banjarbaru telah melakukan kegiatan sosialisasi dan pendaftaran yang sudah dilaksanakan mulai  tanggal 10 Februari 2017 sampai dengan 28 Februari 2017. Sosialisasi yang dilaksanakan meliputi jumlah kelompok, pembuatan proposal dan seleksi proposal, serta penyampaian tahapan seleksi selanjutnya berupa wawancara. Wawancara dilakukan untuk lebih mengetahui seberapa besar motivasi, semangat, dan ide kreatif dari setiap peserta yang akan menjalankan kegiatan ini.

 

 

Pada tahapan sosialisasi dan pendaftaran ini, terkumpul 12 proposal dari 12 kelompok pendaftar  yang masing-masing kelompok terdiri dari 3 siswa. Pendaftar berasal dari kelas X dari berbagai jurusan.

Pada kegiatan sosialisasi ini, panitia berharap bisa mendapatkan calon peserta yang  mempunyai minat dan motivasi yang tinggi dalam melaksanakan kegiatan PWMP sehingga setelah lulus dari sekolah, para peserta benar-benar bisa menjadi wirausahawan di sektor pertanian.

Maka setelah para peserta menjadi wirausahawan atau Agripreneur nantinya diharapkan akan menjadi tenaga terdidik pertanian dan akan menjadi pengusaha pertanian, sekaligus menjadi penggerak dan pencipta lapangan pekerjaan di sektor pertanian. Sehingga para petani-petani atupun wirausaha di bidang pertanian bertambah dan berkembang di Republik Indonesia ini.



Pengirim : Fibrian Hendra Kusuma, S.Pd
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas