- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SELAMAT & SUKSES KEPADA PESERTA LATDAS SAKA TARUNA BUMI TAHUN 2020 -- SMK-PP N BANJARBARU MENGUCAPKAN SELAMAT MAGANG BAGI SISWA KELAS XI TP. 2019/2020 - -

SEMARAK GELAR INOVASI TEKNOLOGI (GIT) SMK-PP SE-INDONESIA

Tanggal : 10/28/2015, 09:07:59, dibaca 1411 kali.

Banjarbaru, (28/10/15) Seminggu sudah berlalu sejak penutupan acara Gelar Inovasi Teknologi (GIT) di Sembawa, Propinsi Sumatra Selatan. GIT yang dilaksanakan pada tanggal 16 – 21 Oktober 2015 ini lebih tepatnya dilaksanakan di Sekolah Menegah Kejuruan - Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Sembawa, Sumatra Selatan. Gelar Inovasi Teknologi (GIT) dilaksanakan setiap 4 tahun sekali, ditujukan bagi seluruh SMK-PP yang berada dalam binaan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

   Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan dan menghasilkan tenaga teknis pertanian menengah dan calon wirausahawan muda dibidang pertanian yang berkualitas. Kegiatan ini juga merupakan ajang silaturahmi, ekspose dan kompetisi bagi siswa SMK-PP pada tingkat Nasional. Harapannya dari kegiatan ini dapat menimbulkan dan meningkatkan motivasi, prestasi, keterampilan, daya saing dalam menampilkan IPTEK yang telah dipelajari selama menjadi siswa serta untuk menjalin persaudaraan antar generasi muda seluruh Indonesia.

   Kegiatan GIT dibuka pada hari Jumat pukul 09.00 WIB oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian bapak Ir. Pending Dadih Permana, M. Ec. Dev., mewakili Menteri Pertanian didampingi perwakilan Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan dan Bupati Kabupaten Banyuasin.

   Adapun untuk jenis perlombaan yang dilaksanakan pada GIT kali ini adalah keterampilan teknis bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura yang terdiri dari Lomba Pengolahan Tanah dengan Menggunakan Hand Traktor, Lomba Identifikasi Benih dan Lomba Menentukan Kualitas Tanah Kering.

   Sedangkan untuk lomba keterampilan teknis bidang Perkebunan meliputi Lomba melakukan perbanyakan vegetatif tanaman tebu, melakukan penyadapan tanaman karet, dan lomba melakukan Penghitungan Dosis Pupuk dan Aplikasi Pemupukan pada Tanaman Karet. Untuk Lomba Keterampilan Teknis bidang Peternakan, perlombaan yang dilaksanakan yaitu lomba menaksir bobot tubuh sapi, lomba menyusun ransum ayam, dan lomba menaksir umur kambing.

   Selain dari lomba keterampilan teknis di atas, terdapat juga perlombaan jenis lainnya, yaitu Lomba Keterampilan Kewirausahaan berdasarkan usaha yang dikembangkan Siswa di Sekolah, Lomba Merancang Model Rumah Pangan Lestari (KRPL), Lomba Majalah Dinding, Lomba Pidato Bahasa Inggris dan Lomba Karya Inovatif Teknologi (Final).

   Di dalam beberapa cabang dan jenis perlombaan di atas, siswa-siswa SMK PP Negeri Banjarbaru berhasil meraih juara 2 dalam perlombaan Majalah Dinding (Mading) atas nama Mayadah Wulansari, Renanda Raudhatul Nurjannah dan Hendri Sanada. Selain itu, Alda Navira meraih juara 3 dalam perlombaan Menentukan Kualitas Tanah Kering (PUTK).

  Pada akhirnya pada hari Rabu, 21 Oktober 2015 pukul 08.30 WIB Kegiatan Gelar Inovasi Teknologi (GIT) ditutup oleh Kepala Pusat Pendidikan, Standardisasi dan Sertifikasi Profesi Pertanian (Pusdikdarkasi) BPPSDMP Kementerian Pertanian yaitu bapak Ir. Heri Suliyanto, MBA. (USM)

Guru & Tim GIT SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas