- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SELAMAT & SUKSES KEPADA PESERTA LATDAS SAKA TARUNA BUMI TAHUN 2020 -- SMK-PP N BANJARBARU MENGUCAPKAN SELAMAT MAGANG BAGI SISWA KELAS XI TP. 2019/2020 - -

PRAKTEK LAPANG SISWA DI TEMU LAPANG: GERPATA SAHARI DI HSS

Tanggal : 04/01/2016, 08:05:44, dibaca 1247 kali.

HSS, (24/3/16) SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai pelaksana dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan ikut serta dalam menyukseskan program-program yang di canangkan oleh Kementerian Pertanian. Maka sesuai dengan visi dan misi BPPSDMP Kementan yaitu mewujudkan SDM pertanian yang profesional dan mandiri serta berdaya saing untuk mencapai kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani,  serta didukung dengan misi dan program dari SMK-PP Negeri Banjarbaru yaitu memperkuat dan mengembangkan kerjasama pendidikan dan kemitraan dengan instansi terkait, masyarakat, petani serta dunia usaha dan industri.


Sebagai sekolah SMK-PP N Banjarbaru melaksanakan program tersebut dengan penempatan magang dan praktek lapang bagi siswa-siswi SMK-PP N Banjarbaru. Praktek lapang kali ini bertepatan juga dengan kegiatan temu lapang: gerakan panen tanam satu hari  (Gerpata Sahari) penangkaran padi yang dilaksanakan di Desa. Gambah Dalam Barat, Kecamatan. Kandangan, Kabupaten. Hulu Sungai Utara (HSS), tepatnya di kelompok tani Budi Bakti.


Praktek lapang kali ini siswa-siswi SMK-PP N Banjarbaru melaksankana kegiatan seperti: panen padi, membuat benih tanam padi, menanam padi dan penggunaan alat mesin pertanian (Alsintan). Penanaman padi di kali ini siswa menggunakan alat mesin penanam padi, dimana siswa-siswi diajarkan oleh para operator dari balai alsintan di bawah Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan.


Praktek lapang kegiatan Gepata Sahari tersebut kali ini diikuti oleh sebanyak 15 siswa kelas X dari Program keahlian Tanaman Pangan Hortikultura (TPH) dan Kultur Jaringan serta terdapat 11 siswa kelas XI yang sedang melaksanakan PKU/Magang di Wilayah BP3K Kec. Kandangan.


Menurut pernyataan dari ketua kelompok tani Budi Bakti Bapak Budi Sucipto, kunjungan praktek siswa dan magang/PKU siswa di Kelompok tani Budi Bakti diharapkan akan tercapainya terobosan ilmu tentang pertanian baru dan tentunya saling tukar menukar ilmu. Bapak Budi juga menyampaikan bahwa Magang/PKU siswa akan memberikan daya tarik para orang tua di daerahnya untuk bersekolah di SMK-PP N Banjarbaru dan menjadi petani pun akan bisa sukses.


Malalui pernyataannya, penyuluh Desa Gambah Dalam Barat Bapak Sugeng menyatakan bahwa kegiatan dari SMK-PP N Banjarbaru ini sangat bermanfaat dan tetap dilanjutkan di tahun selajutnya. Sebab menurut Bapak Sugeng, BP3K Kecamatan Kandangan selalu siap menerima penempatan magang dan praktek lapangan, sehingga akan saling barter ilmu dan menjadikan petani tanggap terhadap teknologi pertanian terbaru.


Kepala Tata Usaha SMK-PP N Banjarbaru Bapak Amali Syarifudin juga menyatakan rasa terima kasih atas diterimanya siswa-siswi SMK-PP N Banjarbaru dalam panen raya ini dan tentunya telah menerima sebagai tempat untuk Magang/PKU. (WD)


Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas