- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SELAMAT & SUKSES KEPADA PESERTA LATDAS SAKA TARUNA BUMI TAHUN 2020 -- SMK-PP N BANJARBARU MENGUCAPKAN SELAMAT MAGANG BAGI SISWA KELAS XI TP. 2019/2020 - -

SUPERVISI SISWA MAGANG/PKU DI KECAMATAN BATI-BATI

Tanggal : 04/07/2016, 14:46:12, dibaca 1085 kali.

Tanah Laut, (2/4/16) Tidak terasa kegiatan magang atau biasa disebut Praktek Kerja Usaha (PKU) bagi siswa siswi SMK-PP N Banjarbaru kelas XI telah terlasana selama lebih dari 2 bulan. Kegiatan PKU ini yang telah terlaksana dari bulan Februari 2016 ini tentunya perlu adanya kunjungan untuk melihat bagaimana kegiatan para siswa selama PKU dan tentunya menampung keluhan, saran dari para siswa selama menempuh PKU atau yang disebut supervisi PKU.

Supervisi PKU ini merupakan bentuk nyata dari sekolah untuk tetap mengamati, mengontrol dan terlaksananya kegiatan magang ini. PKU yang tersebar di berbagai tempat ini, tentunya memerlukan waktu yang tidak sebentar, karena tempat-tempat PKU berada di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Perlu diketahui juga tempat-tempat yang dijadikan temapat magang adalah perusahaan, petani dan kantor dinas pertanian.

Pada kesempatan ini supervisi dilaksanakan di wilayah BP3K Kecamatan Bati-Bati, tepatnya Desa Nusa Indah, Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut. Para guru yang melasanakan kegiatan supervisi ialah Bapak Slamet Riadi dan Bapak Akbar Suhaji.

Para guru tersebut melaksanakan kunjungan langsung ke sawah tempat praktek siswa di persawahan kelompok tani Bunga Padi 2 yang ketuai oleh Bapak Syahruni, sekaligus  juga sebagai penyuluh lapangan dari BP3K Bati-Bati.

Pada kesempatan tersebut para siswa-siswi yang berjumlah 9 orang merupakan siswa dari Program Keahlian Tanaman pangan & Hortikultura. Para siswa-siswi tersebut diajarkan menanam padi di sawah dengan metode jajar legowo (Jarwo) biasa. Luas lahan yang dijadikan praktek siswa ± 1/8 Hektar, dimana lahan sawah merupakan lahan rawa yang luas.

Menurut Bapak Syahruni selaku pemilik lahan mengatakan bahwa padi yang ditanam adalah jenis padi lokal yaitu siam Banjar. Masih menurut Bapak Syahruni, kegiatan menanam padi ini diharapkan para siswa tahu akan sistem tanam menggunakan sistem manual dan semi mekanisasi.

Bapak Syahruni selaku pemilik lahan, ketua kelompok tani dan Penyuluh ini mengharapkan ada semangat tani di jiwa pemuda, sehingga ada penerus generasi muda di bidang petanian namun  memiliki teknik pertanian yang benar, bagus dan modern.

Perlu diketahui juga bahwa SMK-PP (SPMA/SPP) Negeri Banjarbaru sebagai pelaksana dari teknis Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan ikut serta dalam menyukseskan program-program yang di canangkan oleh Kementerian Pertanian.

Maka sesuai dengan visi dan misi BPPSDMP Kementan yaitu mewujudkan SDM pertanian yang profesional dan mandiri serta berdaya saing untuk mencapai kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani,  serta didukung dengan misi dan program dari SMK-PP Negeri Banjarbaru yaitu memperkuat dan mengembangkan kerjasama pendidikan dan kemitraan dengan instansi terkait, masyarakat, petani serta dunia usaha dan industri. Maka dari itu SMK-PP N Banjarbaru melaksanakan kegiatan praktek kerja usaha (PKU) /Magang bagi para siswanya ke petani dan perusahaan. (WD)

Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas