- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-75 - INDONESIA MAJU * BANGGA BUATAN INDONESIA * KONSUMSI PRODUK PERTANIAN INDONESIA -- SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1441H BAGI UMAT MUSLIM SEDUNIA -- SMK-PP N BANJARBARU TETAP BUKA PELAYANAN TERBATAS, SENIN SD JUMAT (08.00 SD 14.30) -- -

Pencarian
Waktu saat ini
Pelayanan
PPDB Online 2020
PPID SPPNBANJARBARU
Pelayanan Publik
E-Online
CBT OnlineMenu DownloadE Rapor OnlineE-Library SMK-PP N BanjarbaruE-PersonalInfografis
Agenda
13 August 2020
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5

PRAKTEK LAPANG SISWA: MENANAM KACANG DI KECAMATAN MATARAMAN

Tanggal : 05/02/2016, 10:19:43, dibaca 1076 kali.

HSS, (25/4/16) Pada kesempatan kali ini SMK-PP Negeri Banjarbaru mendapatkan undangan dari BP3K Kecamatan Mataraman untuk ikut serta dalam melaksanakan kegiatan tanam benih kacang tanah. Kegiatan tanam kacang tanah ini dilaksanakan di kelompok tani Gawi Bersama, tepatnya berada di Desa Mangkalawat, Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar.

Pada kegiatan praktek lapang kali ini diikuti kurang lebih 40an siswa dari kelas XII program keahlian Tanaman Pangan & Hortikultura (TPH). Pada kegiatan kali ini diihadiri juga Kepala BP3K Kecamatan Mataraman, Babinsa Kecamatan Mataraman, penyuluh, dan tentunya wakil dari SMK-PP N Banjarbaru yaitu Wakasek Humas & Industri serta Kaprodi TPH.

Sebanyak 10 Kg benih dari 30 Kg yang disediakan ditanam oleh para siswa, penyuluh BP3K Mataraman dan tentunya petani dari Kelompok Tani Gawi Bersama. Benih kacang tanah yang ditanam ialah bibit jenis kelinci dengan menggunakan model tanam 25, dimana luas lahan yang ditanam sekitar 1 Hektar.

Menurut Kepala BP3K Kecamatan Mataraman Bapak Zainuddin mengatakan bahwa keikutsertaan siswa SMK-PP N Banjarbaru dalam penanaman benih kacang tanah ini diharapkan dapat mengikuti dan menyerap ilmu dari petani. Kepala BP3K juga menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang diberikan semoga dapat meningkatkan hasil, kesejahteraan dan pendapatan petani. Harapan dari Kepala BP3K Kecamatan Mataraman, semoga akan menghasilkan hasil lebig dari tahun sebelumnya sekitar 20 karung atau kurang lebih 1.5 ton/Hektar.

Sehubungan ketua Kelompok Tani Gawi Bersama yaitu Bapak Syamsuni sedang sakit maka diwakili oleh anggotanya. Menurut perwakilan dari kelompok tani mengatakan, semoga keikutsertaan siswa SMK-PP N Banjarbaru dapat mengurangi kerja dari petani dan tentunya siswa mendapatkan ilmu dari para petani dimana car menanam kacang tanah.

Perlu diketahui juga bahwa kegiatan yang di koordinasi oleh BP3K Mataraman ini merupakan bentuk kerjasama antara SMK-PP N Banjarbaru sebagai pemberi bantuan saprodi pertanian dan BP3K Kecamatan Mataraman sebagai penerima bantuan yang kemudian diteruskan ke kelompok tani yang ditunjuk oleh BP3K setempat.

Maka dari itu bentuk kerjasama selanjutnya ialah siswa dari SMK-PP N Banjarbaru diikutsertakan dalam proses pra dan pasca panennya. Maka dari hal tersebut diharapkan para siswa-siswa dapat mengenal, mengerti dan belajar dalam proses penanaman sampai pemanenan.

Sebab, SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai pelaksana dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan ikut serta dalam menyukseskan program-program yang di canangkan oleh Kementerian Pertanian. Maka sesuai dengan visi dan misi BPPSDMP Kementan yaitu mewujudkan SDM pertanian yang profesional dan mandiri serta berdaya saing untuk mencapai kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani,  serta didukung dengan misi dan program dari SMK-PP Negeri Banjarbaru yaitu memperkuat dan mengembangkan kerjasama pendidikan dan kemitraan dengan instansi terkait, masyarakat, petani serta dunia usaha dan industri. (WD)

 

Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas