- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SELAMAT & SUKSES KEPADA PESERTA LATDAS SAKA TARUNA BUMI TAHUN 2020 -- SMK-PP N BANJARBARU MENGUCAPKAN SELAMAT MAGANG BAGI SISWA KELAS XI TP. 2019/2020 - -

PRAKTEK LAPANG SISWA: MEMUPUK JAGUNG

Tanggal : 06/07/2016, 07:57:18, dibaca 1038 kali.

Tanah Laut, (3/6/16) SMK-PP Negeri Banjarbaru pada kesempatan kali ini mendapatkan undangan dari BP3K Kecamatan Bati-Bati untuk ikut serta dalam melaksanakan kegiatan pemupukan tanaman jagung. Kegiatan pemupukan tanaman jagung ini dilaksanakan di kelompok tani karya usaha, yang secara wilayah masuk di Desa Banyu Irang, Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan praktek lapang kali ini diikuti sekitar 27 siswa dari kelas XI program keahlian Perkebunan. Pada kegiatan kali ini diihadiri juga Kepala BP3K Kecamatan Mataraman, Wakil dari BP4K Kabupaten Tanah Laut, Babinsa Kecamatan Bati-Bati, Penyuluh Pertanian, dan tentunya wakil dari SMK-PP N Banjarbaru yaitu Wakasek Kerjasama & Industri Slamet Riadi, serta seorang tamu dari Bagian Humas BPPSDMP Kementerian Pertanian, Riries Kartikawati.

Lahan yang ditanami oleh Kelompok tani Karya Usaha ini seluas 5 Hektar yang terdiri dari 5 jenis varietas jagung. Menurut penyuluh dari BP3K Kecamatan Bati-Bati, Cacang mengatakan jenis bibit yang ditanam oleh kelompok tani Karya usaha ini diantranya jenis: Bonanza, Pioner, Bisi 2, NK 22 dan NK 21. Masih menurut Penyuluh BP3K Bati-Bati diharapakan juga pada saat panen mendatang akan menghasilkan melebihi dari tahun kemarin yang sekitar 4 Ton/Hektar.

Kegiatan praktek lapang ini merupakan bentuk kegiatan "aplikasi teori ke praktek kepada siswa serta mengenalkan proses perawatan tanaman jagung sehingga siswa mendapatkan pengalaman dan agar berminat menjadi petani", kata Wakasek Kerjasama & Industri. Namun pada kesempatan tersebut siswa hanya melaksanakan kegiatan pemupukan seluas -/+ 1 Hektar dengan menggunakan pupuk NPK.

Menurut Ketua Kelompok Tani, Hartono mengatakan "kegiatan praktek lapangan ini akan memotivasi kelompok tani agar semangat bekerja menjadi petani dan kami mengucapkan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan baik bantuan sarana pertanian dan bantuan siswa sehingga dapat menyukseskan program Pemerintah".

Tidak lupa juga wakil dari Bagian Humas BPPSDMP Kementan, Riries mengatakan bahwa kegiatan praktek lapangan ini sangat bermanfaat karena Indonesia yang dahulu terkenal sebagai negara agraris akan tetapi dewasa ini generasi muda penerus tidak berminat lagi di dunia pertanian, sehingga diharapkan dengan kegiatan ini serta melalui SMK-PP N Banjarbaru akan memberikan minat dan regenerasi di bidang pertanian.

Perlu diketahui bahwa SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai pelaksana dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan ikut serta dalam menyukseskan program-program yang di canangkan oleh Kementerian Pertanian. Maka sesuai dengan visi dan misi BPPSDMP Kementan yaitu mewujudkan SDM pertanian yang profesional dan mandiri serta berdaya saing untuk mencapai kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani,  serta didukung dengan misi dan program dari SMK-PP Negeri Banjarbaru yaitu memperkuat dan mengembangkan kerjasama pendidikan dan kemitraan dengan instansi terkait, masyarakat, petani serta dunia usaha dan industri. (WD)

 

Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas