- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SELAMAT & SUKSES KEPADA PESERTA LATDAS SAKA TARUNA BUMI TAHUN 2020 -- SMK-PP N BANJARBARU MENGUCAPKAN SELAMAT MAGANG BAGI SISWA KELAS XI TP. 2019/2020 - -

PRAKTEK LAPANGAN SISWA: MEMANEN PADI DI KEC. BATI-BATI

Tanggal : 08/29/2016, 13:31:31, dibaca 1261 kali.

Bati-Bati (24/8/16) SMK-PP Negeri Banjarbaru kali melaksanakan  kegiatan praktek lapangan bagi siswa yang dilaksanakan di Desa Nusa Indah, Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut. Para siswa-siswi yang melaksanakan paktek lapangan kali ini merupakan siswa dari kelas XI Tanaman Panagn & Hotikultura (TPH) yang berjumlah 26 orang.


Kelompok Tani kali ini merupakan kelompok tani yang menjadi mitra dari SMK-PP N Banjarbaru dalam program Desa Mitra yang penyaluran bantuannya melalui BP3K Kecamatan Bati-Bati. Kelompok Tani yang menjadi tempat praktek lapang siswa yaitu Kelompok Tani Bunga Padi 2 yang diketuai oleh Bapak Abrani.


Kegiatan praktek lapang siswa kali ini berupa panen padi yang merupakan tempat yang dahulu menjadi tempat Praktek Kerja Usaha (PKU) / Magang kakak kelas mereka. Maka, praktek panen padi oleh siswa kelas XI Hortikultura ini merupakan padi yang ditanam oleh kakak kelas mereka pada saat PKU kemarin.


Praktek lapangan siswa kali ini tidak hanya memanen padi tapi siswa juga diajarkan cara memasang alat ubinan, menghitung hasil per ubin, mengules padi dan menimbang hasil ubinan. Sehingga para siswa benar-benar merasakan praktek di petani dan merasakan menjadi petani yang sebenarnya.


Menurut Penyuluh Kec. Bati-Bati Bapak Parjo mengatakan: “cara penghitungan dengan ubinan akan mengetahui jumlah hasil padi yang didapat dalam area 1 hektar persegi”. “cara menghitung ubinan ialah:  hasil padi x 2,5 m x 2,5 m x 1600 akan menghasilkan jumlah padi dalam 1 hektar”.


Wakasek Humas & Industri SMK-PP N Banjarbaru Bapak Slamet Riadi mengatakan “dengan kegiatan praktek lapang siswa berupa memanen padi dengan cara meng ubin, diharapkan siswa akan tahu teknik dan titik mengubin dengan baik dan benar”.


Kepala kelompok tani Bunga Padi 2  Bapak Abrani menyampaikan bahwa “varietas yang ditanam ialah jenis padi siam kuning dengan model tanam jajar legowo 4-1 dengan luas lahan tanam sekitar 3 hektar dan dengan pemupukan menggunakan pupuk NPK Mutiara”.(WD)


Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas