-- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU --- SELAMAT HARI PANGAN SEDUNIA (16 OKTOBER 2018) --- MARI DUKUNG & SUKSESKAN HARI PANGAN SEDUNIA DI KALIMANTAN SELATAN (18 SD 21 OKTOBER 2018) --- -

PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH SISWA BARU TA. 2017/2018

Tanggal : 07/27/2017, 07:11:10, dibaca 424 kali.

Banjarbaru, (21/7/17) Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang dahulu bernama Masa Orientasi Sekolah (MOS) merupakan sebuah kegiatan bagi sekolah untuk mengenalkan lingkungan sekolah bagi para siswa baru yang diterima di SMK-PP N Banjarbaru. Seperti kita ketahui bahwa perubahan nama dari MOS menjadi PLS tidak lepas dari kebijakan dari pemerintah agar senioritas dan perploncoan di MOS tidak terjadi dan memakan korban kembali. Walaupun di SMK-PP N Banjarbaru tidak pernah melaksanakan perploncoan karena panitia berasal dari jajaran Guru, Karyawan dan sebagian siswa terpilih sehingga akan mengurangi kejadian seperti dalam berita-berita Nasional.


Pelaksanaan PLS di lingkungan SMK-PP N Banjarbaru dilaksanakan selama 4 hari yaitu dari hari selasa, 18 Juli sd 21 Juli 2017. Pelaksanaan kegiatan PLS ini dilaksanakan di 2 tempat diantaranya kampus di Jl. Putri Junjung Buih dan lahan praktek di Guntung Lua. Pelaksanaan jam kegiatan dimulai dari pukul 04.30 sd 22.00. Kegiatan ini wajib diikuti oleh para calon siswa baru karena merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan untuk menjadi siswa baru kelas X di SMK-PP N Banjarbaru.


Kegiatan PLS ini diikuti sekitar 156 orang calon siswa baru yang semuanya telah lulus seleksi administrasi dan tes pada saat penerimaan siswa baru di SMK-PP N Banjarbaru. Jumlah 156 orang calon siswa baru tersebut dengan rincian 88 orang perempuan dan 68 orang laki-laki. Kegiatan-kegiatan MOS ini diisi materi-materi dari Kepala Sekolah, Wakasek, Guru, Kepala Program keahlian, perpustakaan, website, humas dan tentunya dari Rindam VI/Mulawarman Kalimantan Selatan.


Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam PLS ini diantaranya: Pengenalan lingkungan sekolah, pengenalan program keahlian, materi-materi dari manajemen sekolah, pelatihan baris-berbaris, pengenalan lahan praktek, pengenalan alat pertanian, Pelatihan Baris berbaris, pengenalan tanam-tanaman dan kerjasama kelompok.


Menurut Kepala Sekolah SMK-PP N Banjarbaru Bapak Suherman mengucapkan "selamat datang di sekolah pertanian SMK-PP N Banjarbaru" dan mengatakan "kegiatan pengenalan lingkungan sekolah adalah cara dari sekolah untuk mengenalkan sekolah SMK-PP N Banjarbaru dan tentunya dunia pertanian".


Pada kesempatan tersebut Kepala Sekolah juga menyampaikan, "kalian akan didik seperti petani yang setiap hari bangun pagi sehingga kalian akan punya keahlian di bidang pertanian serta punya sikap jujur, disiplin dan tanggung jawab". " Kalian juga jangan minder sekolah di pertanian sebab sering anggap sebelah mata, namun dunia pertanian sangat bermanfaat karena yang kita makan sehari-hari ialah produk-produk pertanian, sehingga kalian harus bangga sekolah di pertanian".


Perwakilan dari Rindam VI/ Mulawarman pada kesempatan tersebut memberikan informasi bahwa mereka mendidik para TNI-AD di berbagai wilayah di Indonesia seperti di wilayah Kalsel, Kaltim dan Kaltara. Rindam VI/Mulawarman juga menyampaikan bahwa dalam Pengenalan Lingkungan Sekolah ini tidak ada kekerasan, hanya melatih kedisiplinan para calon siswa baru yang berlangsung selama 3 hari, dari Hari Rabu, 19 Juli sd Hari Jumat, 21 Juli 2017. (WD)


Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas