-- SELAMAT HARI KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KORPRI) KE-46 (29 NOVEMBER 1971-2017) --- SMKPP N BANJARBARU MENGUCAPKAN SELAMAT MELAKSANAKAN UJIAN SEMESTER GANJIL BAGI SISWA TP. 2017/2018 --

Pencarian
Waktu saat ini
Agenda
11 December 2017
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
Pelayanan
Informasi Publik
PPID SPPNBANJARBARU
Pelayanan Publik
E-Online
Menu DownloadCBT E-LearningE Rapor OnlineE-Library SMK-PP N BanjarbaruE-PersonalInfografis

SOSIALISASI E-KINERJA OLEH TIM BPPSDMP KEMENTAN

Tanggal : 08/30/2017, 14:45:47, dibaca 154 kali.

Banjarbaru, (29/8/2017) Pemerintah dewasa ini terus melakukan perubahan-perubahan untuk membangun Indonesia menjadi Lebih baik dan menjadi negara yang diperhitungkan setelah merdeka selama 72 Tahun. Perubahan tersebut tidak bisa disebutkan semuanya, namun perubahan tersebut diantara adalah pemerataan pembangunan, reformasi birokrasi, kedaulatan kelautan, PNS, pendidikan, kesehatan dan masih banyak lagi.


Salah satu perubahan yaitu di bidang Pegawai Negeri Sipil (PNS), perubahan tersebut berupa reformasi birokrasi di bidang kepegawaian. Maka salah satu bentuk dukungan akan reformasi birokrasi yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian ialah dengan membuat aplikasi e-personal dan e-kinerja bagi para ASN/PNS. Para pegawai negeri wajib mengisi e-personal dan e-kinerja, apabila tidak mengisi akan dikenakan sanksi dan potongan tunjangan.


Aplikasi berbasis web tersebut merupakan produk yang diciptakan agar pekerjaan yang di kerjaan oleh pegawai dapat terpantau dan dinilai, sehingga meminimalkan para PNS nakal. Aplikasi E-personal ialah aplikasi yang berisi tentang pekerjaan yang dilakukan oleh para pegawai setiap harinya. Sedangkan E-kinerja ialah aplikasi target pegawai yang akan dicapai  dalam kurun waktu setahun dan sebulan, yang melihat dari Sasaran Kerja Pegawai (SKP).


Perlu diketahui bahwa dengan adanya reformasi birokrasi para pegawai  akan mendapatkan reward yaitu berupa Tunjangan Kinerja (Tukin), yang tiap pegawai mendapatkan jumlah yang berbeda. Maka demi mendukung pengaplikasian dan pelaksanaan e-personal serta e-kinerja perlu ada sosialisasi kepada para pegawai baik di pusat ataupun di Unit Pelaksana Teknis (UPT).


SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai salah satu UPT Kementerian Pertanian dibawah Badan Penyuluhan dan SDM Pertanian (BPPSDMP) tentunya akan mendapatkan jatah kunjungan oleh tim BPPSDMP dalam mesosialisasikan hal tersebut. Maka dari itu SMK-PP Negeri Banjarbaru mendapatkan jatah sosialiasi pada hari selasa, 29 Agustus 2017.


Tim dari BPPSDMP tersebut diantaranya Kepala Tata Usaha BPPSDMP, Bapak Ali Nurdin dan Kepala Bagian Kepegawaian Ibu Sri Hartati dan 2 orang staffnya. Sosialisasi E-Kinerja tersebut dilaksanakan di ruang rapat SMK-PP N Banjarbaru pada pukul 14.00 wita, yang dihadiri oleh semua pegawai yang sedang berada di tempat.


Sosialisasi E-Kinerja tersebut wajib diikuti oleh semua PNS yang berada di SMK-PP N Banjarbaru, karena sosialisasi tersebut akan menentukan keberlanjutan para pegawai dalam berkarir sebagai PNS. Sosialisasi tersebut dibuka oleh Kepala Sekolah SMK-PP Negeri Banjarbaru, Bapak Suherman dan kemudian dilanjutkan dengan oleh Bapak Ali Nurdin dan Ibu Sri Hartati.


Kepala Tata Usaha BPPSDMP mengatakan,“Reformasi birokrasi diharapkan akan menjadi pendorong perubahan untuk membawa Kementerian Pertanian agar bergeser dari kondisi saat ini menuju kondisi yang diharapkan” Ujarnya.


Pada kesempatan tersebut beliau juga menjelaskan terdapat 8 area rencana aksi perubahan nasional tahun 2015-2019 yaitu diantaranya: Revolusi Mental, Penguatan Pengawasan,  Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Kelembagaan, Penguatan Tatalaksana, Penguatan SDM ASN, Peraturan Perundang-undangan, dan terakhir Pelayanan Publik.


Tidak lupa Kepala Kepegawaian BPPSDM pada kesempatan tersebut juga mengatakan,“E-kinerja dimaksudkan atau dijadikan alat ukur yang objektif dan transparan bagi pegawai, pejabat penilai dan tim penilai kerja pegawai dalam pengambilan keputusan”, Kata Ibu Sri Hartati.


Menyambung hal tersebut Ibu Sri Hartati mengatakan,”Pembayaran tunjangan kinerja yang semula berdasarkan atas kehadiran pegawai, kedepannya akan dibayarkan berdasarkan capian kinerja pegawai”, tandasnya.


Latar belakang kenapa pemerintah sampai mengeluarkan aplikasi tersebut menurut Bapak Ali Nurdin dikarenakan pemerintah tidak percaya akan pekerjaan dan capaian kerja yang dilaksanakan oleh para PNS. Maka melalui kebijakan diatas tentang E-kinerja dan E-personal yang wajib diisi oleh para pegawai negeri sipil diharapkan memberikan dampak bahwa PNS harus bekerja dengan giat dan semangat serta dituntut untuk lebih kreatif dan tidak menunggu perintah atasan, serta harus melaporkan kegiatan sehari-harinya melalui aplikasi berbasis web, E-kinerja. (WD)


Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas