-- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU --- PENDAFTARAN CALON SISWA BARU TP.2018/2019 TELAH DIBUKA, DARI TANGGAL 16 APRIL S.D 22 JUNI 2018 -- SMKPP N BANJARBARU MENGUCAPKAN, SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1439 H -- SELAMAT HARI KRIDA PERTANIAN (21 JUNI 2018) --- -

LOKAKARYA PENYEMPURNAAN DOKUMEN KURIKULUM POLBANGTAN BANJARBARU

Tanggal : 12/19/2017, 08:16:04, dibaca 240 kali.

Banjarbaru, (18/12/17) Kementerian Pertanian (Kementan) RI telah menyiapkan transformasi lembaga pendidikan vokasi di sekolah menengah kejuruan pertanian pembangunan (SMKPP) dan sekolah tinggi penyuluh pertanian (STPP) menjadi politeknik pembangunan pertanian (Polibangtan). Kementan terus mematangkan proses peningkatan status Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan menjadi Politeknik sebagai penyelenggara pendidikan diploma bidang ilmu pertanian terapan.


Maka, sebelum menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian, saat ini masih dilakukan identifikasi, perumusan dan penyempurnaan berbagai kewajiban yang harus dipenuhi untuk menjadi suatu politeknik, agar pada nantinya benar benar siap menjadi sebuah politeknik


SMKPP N Banjarbaru yang juga akan di transformasi menjadi Polbangtan pada bulan agustus 2017 telah melaksanakan Public Hearing pendirian politeknik pembangunan pertanian (Polibangtan) dan pada bulan september 2017 melaksanakan public hearing penyempurnaan kurikulum


Proses selanjutnya sebagai upaya dalam pembentukan suatu politeknik ialah membuat dokumen kurikulum pendidikan yang akan di ajarkan nantinya. Pembuatan dokumen ini merupakan syarat untuk menjadi politeknik dan kemudian sebagai acuan untuk di ajukan ke Kemenristek Dikti RI.


Maka, SMKPP N Banjarbaru melaksanakan lokakarya penyempurnaan dokumen kurikulum polbangtan selama 3 hari dari Tanggal 18 sd 20 Desember 2017. Lokakarya ini dihadiri Kabid Kelembagaan dan Ketenagaan Pendidikan Kementerian Pertanian Bapak Teddy Rachmat Muliady, Narasumber dari Poline lampung Bapak Dwi Puji Hartono, Pusdik BPPSDMP Kementan, BBPP Binuang, praktisi, DU/DI dan tentunya para calon dosen Polbangtan.


Pada sambutannya Kepala Tata Usaha SMKPP N Banjarbaru, Bapak Irwanto mengatakan, “Lokakarya ini dilaksanakan untuk menyusun kurikulum apa yang harus kami buat, artinya supaya kedepannya lulusan yang kami hasilnya itu benar-benar dibutuhkan oleh Dunia Usaha/Dunia Industri maupun menjadi wirausaha nantinya”, Katanya.


Pada lokakarya tersebut para ketua kelompok masing-masing ketua kelompok program studi akan memaparkan hasil dari draft kurikulum yang telah dibuat pada saat pra lokakarya sebelumnya. Pemaparan ini untuk melihat kekurangan dan kemudian diperbaiki bersama para praktisi tamu undangan.


“Lokakarya ini kurikulum dan metodologi harus di sesuaikan dengan pembentukan karakter pertanian, ini harus dirumuskan oleh teman-teman bahwa pendidikan di politeknik ini adalah pendidikan vokasi yang berbeda dengan pendidikan akademik, jadi siapapun yang belajar di sini dibentuk karakter pertaniannya terutama di semester pertama”, Kata  Kabid Kelembagaan dan Ketenagaan Pendidikan Kementerian Pertanian, Bapak Teddy Rachmat Muliady.


Menambahkan di atas Bapak Teddy menyampaikan,“ Sesuai arahan Pak Presiden dan Menteri, jadi Dunia Usaha/Dunia Industri nantinya tenaga kerjanya disiapkan oleh lembaga-lembaga pendidikan, oleh karena itu mulai awal perencanaan ini di kurikulumnya harus matching, sesuai kebutuhan DU/DI” Ujarnya.


Setelah semua proses dalam pendirian Polbangtan Banjarbaru selesai, diharapkan pada bulan Maret 2017 sudah melakukan sosialisasi dan penerimaan mahasiswa baru. Polbangtan Banjarbaru pada nantinya akan melaksanakan 3 Program Studi diantaranya: Tanaman Perkebunan, Pengolahan Hasil Pertanian, serta Tanaman Pangan & Hortikultura.


Upaya transformasi ini, menyesuaikan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Otonomi Derah yang berimbas beralihnya kewenangan penyelenggaraan pendidikan menengah kepada Dinas Pendidikan Provinsi, sehingga SMKPP dibawah kementerian akan di naikkan statusnya menjadi politeknik. (wd)


Humas SMKPP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas