- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SELAMAT & SUKSES KEPADA PESERTA LATDAS SAKA TARUNA BUMI TAHUN 2020 -- SMK-PP N BANJARBARU MENGUCAPKAN SELAMAT MAGANG BAGI SISWA KELAS XI TP. 2019/2020 - -

FIELD TRIP KE P4S TUNTUNG PANDANG, TANAH LAUT

Tanggal : 01/24/2018, 14:02:15, dibaca 616 kali.

Banjarbaru, (24/1/2017) Pada kesempatan kali ini siswa kelas X SMKPP Negeri Banjarbaru diajak oleh pihak sekolah untuk melaksanakan kegiatan Wisata Edukasi (field trip). Kegiatan field Trip dilaksanakan pada hari rabu, 23 Januari 2018 yang bertempat di Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Tuntung Pandang, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut.


Kunjungan ini dibagi berdasarkan kompetensi keahlian masing, sehingga tiap kompetensi akan berbeda-beda tempat kunjungannya, seperti kali ini siswa dari kompetensi keahlian perkebunan yang mendapatkan jatah pertama.


Kunjungan kali ini dilaksanakan selama sehari saja dengan menggunakan tranportasi 1 Bus, 1 Truk dan 2 Mobil, untuk mengangkut 2 kelas perkebunan A dan B. Kunjungan ini diikuti oleh 62 siswa dan 6 orang guru serta 5 orang pegawai.


Pada kesempatan ini siswa di ajak ke salah satu petani swadaya di bidang kelapa sawit, yang merupakan salah satu Gapoktan yang diperhitungkan di wilayah Kalimantan Selatan dan Nasional, karena pernah menjadi penghargaan nasional dan sering menjadi tempat kunjungan sekolah dan universitas.


Sekretaris P4S Tuntung Pandang yang juga sebagai pemateri field trip ini, Bapak Harjono mengatakan, “Jangan malu menjadi petani, karena petani juga bisnis, saya pengen mengajak semua untuk yang muda-muda ini, mudah-mudahan semua ini menjadi petani berdasi”, katanya.


Ketua rombongan SMKPP N Banjarbaru yang juga Ketua Kompetensi Keahlian Bidang Perkebunan, Bapak Agus Suprandiyo mengatakan, “Kami bermaksud datang kesini untuk memperkenalkan Dunia pertanian khususnya program studi perkebunan, karena nantinya pada kelas XI, siswa akan melaksanakan magang, makanya harapan kami ini supaya mendapatkan wawasan yang luas dan bercita-cita semoga anak didik kami ada yang muncul menjadi petani berdasi”. Ujarnya.


Wakasek Kerjasama & Industri, Bapak Slamet Riadi, yang ikut dalam field trip ini mengatakan, “Kami disini mengharapkan informasi bagi anak didik kami, supaya anak didik kami bersemangat untuk melakukan wirausaha karena sekarang kementan arahnya regenerasi petani, artinya untuk kedepan harus banyak petani-petani muda yang mandiri”, Tambahnya.


Field Trip yang dilaksanakan tiap tahun ini selalu dilaksanakan untuk siswa kelas X, yang merupakan siswa baru di SMKPP N Banjarbaru. Kegiatan ini merupakan bentuk dari pihak sekolah dalam mengenalkan dunia usaha dan dunia industri, khususnya dunia pertanian.


Kegiatan Wisata Edukasi (field trip) merupakan kegiatan pembelajaran dimana para siswa dapat melihat langsung, berbincang langsung ataupun mengambil ilmu dari perjalanan tersebut, sehingga diharapkan para siswa semakin bersemangat berkecimpung di dunia pertanian dan menjadi wirausaha mandiri bidang pertanian. (WD)

Humas SMKPP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas