- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SELAMAT & SUKSES KEPADA PESERTA LATDAS SAKA TARUNA BUMI TAHUN 2020 -- SMK-PP N BANJARBARU MENGUCAPKAN SELAMAT MAGANG BAGI SISWA KELAS XI TP. 2019/2020 - -

MEMPERSIAPKAN SISWA PERKEBUNAN MENDAPATKAN SERTIFIKASI PROFESI MANDOR KELAPA SAWIT

Tanggal : 02/22/2018, 23:09:12, dibaca 728 kali.

Banjarbaru, (22/2/2018) – Persiapan-persiapan yang dilakukan pihak sekolah dalam menghadapi ujian sertifikasi profesi bagi siswa kelas XII TP. 2017/2018. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan ialah dengan mengadakan pelatihan uji sertifikasi profesi, khususnya bagi kompetensi yang tahun ini melaksanakan uji sertifikasi profesi.


Kompetensi keahlian yang tahun ini melaksanakan uji sertifikasi profesi ialah: Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP), Agribisnis Tanaman Pangan & Hortikultura (ATPH), Agribisnis Pembenihan & Kultur Jaringan (APKJ). Pelaksanaan pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu dari Tanggal 21 sd 22 Februari 2018.


Agribisnis Tanaman Perkebunan melaksanakan pelatihan ini di 2 tempat yaitu di Kampus SMKPP Negeri Banjarbaru dan lahan praktek sekolah di Guntung Lua. Pelatihan ini diikuti oleh 49 siswa kelas XII Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP).


Wakasek Kurikulum yang juga ketua panitia pelaksanaan pelatihan, Ibu Airin Nurmarita mengharapkan, “Pelatihan hari ini dapat memberikan pengetahuan dan meningkatkan ketrampilan bagi siswa-siswi SMKPP Negeri Banjarbaru untuk persiapan uji sertifikasi profesi di bidang masing-masing”, Katanya.


Siswa-siswi perkebunan dalam pelatihan ini di latih oleh Instrukut dari PT. Borneo Indo Tani, yaitu Bapak Imam efendi dan Bapak Budi Utomo. Namun, sebelumnya para siswa di verifikasi oleh Tim LSP dari Pusat Penyuluhan Pertanian (Puslatan Kementan).


Ketua Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan SMKPP N Banjarbaru, Bapak Agus Suprandiyo menyampaikan, “Pelatihan ini tujuannya untuk mendapatkan salah satu pengetahuan sertifikasi, nantinya diharapkan para siswa mendapatkan legalitas berupa sertifikat yang dikeluarkan oleh BNSP khususnya dari Jakarta, supaya memberi nilai tambah terhadap siswa apabila bergabung ke Dunia/Dunia Industri”, Ujarnya


Pada pelatihan ini siswa Agribisnis Tanaman Perkebunan akan mengikuti pelatihan uji sertifikasi profesi bidang mandor kelapa sawit. Siswa dalam pelatihan ini juga diajari tentang teori dan praktek, beberapa materi diantaranya tentang: pembukaan lahan, pembibitan, penanaman, perawatan, panen & administrasi.


Setelah melaksanakan pelatihan tersebut selama 2 hari, nantinya siswa akan melaksanakan Ujian praktek yang sesungguhnya yaitu Ujian praktek sertifikasi profesi yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Februari sd 2 Maret 2018.


Perlu kita ketahui bahwa Sertifikat Kompetensi adalah bukti pengakuan tertulis atas capaian kompetensi pada kualifikasi tertentu yang diberikan oleh satuan pendidikan terakreditasi atau lembaga sertifikasi yang berwenang. Maka sertifikasi ini memberikan nilai lebih terhadap lulusan SMK, yang nantinya mempunyai kompetensi dan keunggulan dalam menghadapi Dunia Usaha/Dunia Industri. (WD)

Humas SMKPP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas