-- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU --- SELAMAT HARI PANGAN SEDUNIA (16 OKTOBER 2018) --- MARI DUKUNG & SUKSESKAN HARI PANGAN SEDUNIA DI KALIMANTAN SELATAN (18 SD 21 OKTOBER 2018) --- -

UJIAN SEMINAR MAGANG (PRAKERIN) KELAS XI TP. 2017/2018

Tanggal : 04/10/2018, 09:21:52, dibaca 235 kali.

Banjarbaru, (9/4/2018) - Siswa kelas XI telah kembali lagi bersekolah, yang sebelumnya menjalani Magang atau Praktek Kerja Industri (Prakerin) selama 3 bulan lamanya. Para siswa telah melaksanakan Prakerin di Dunia Usaha dan Dunia Industri yang telah menjalin kerjasama dengan SMKPP Negeri Banjarbaru.


Setelah kembali dari Prakerin, para siswa diminta untuk membuat laporan Prakerin sebagai bentuk pertanggungjawaban mereka selama di tempat magang. Laporan tersebut juga untuk melihat apa saja yang mereka dapatkan dan kerjakan selama bekerja di tempat magang.


Siswa dalam pembuatan laporan tersebut akan dibimbing oleh para Guru Pembimbing. Setelahnya para siswa akan mempresentasikan hasil magang kepada Guru Penguji dan teman-teman se jurusan, atau yang disebut seminar magang (Prakerin).


Pelaksanaan seminar magang bagi Kelas XI TP. 2017/2018 dilaksanakan pada Hari Senin, 9 April 2018. Pelaksanaan seminar ini dilaksanakan di 5 ruang kelas, yang berada di kampus SMKPP N Banjarbaru.


Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Industri, juga selaku Ketua Prakerin ini, Bapak Slamet Riadi mengatakan, “Tujuan dari seminar ini untuk mengkroscek penerapan ilmu atau pencapian ilmu saat anak-anak magang, supaya mereka tidak lepas dari kegiatan yang dihadapi di lapangan”, Ucapnya.


“Sehingga semua ini, baik dari magang maupun dari seminar ini membekali mereka ilmu ketrampilan atau ilmu pengetahuan yang benar-benar nyata,yang dihadapi sehingga nantinya bisa di aplikasikan saat dia bekerja di bidang pertanian”, Sambungnya.


Seminar ini diikuti sekitar 151 orang siswa, yang tediri dari 4 Kompetensi Keahlian, diantaranya: 56 siswa Perkebunan, 35 siswa Tanaman Pangan dan Hortikultura, 34 siswa Pembenihan dan Kultur Jaringan, serta 26 siswa Pengolahan Hasil Pertanian.


Pada seminar magang ini ada 5 komponen sebagai dasar penilaian, seperti yang dijelaskan oleh salah satu Guru Penguji, Bapak Herdi Waluyo, “Ada beberapa komponen yang diujikan pada ujian seminar ini diantaranya: kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan, kemampuan siswa dalam penyampaian materi, keaktifan siswa dalam berdiskusi, media yang digunakan dan terakhir adalah kerjasama siswa”, Ungkapnya.


Kegiatan Prakerin merupakan syarat wajib siswa untuk dapat naik ke kelas XII, sehingga ujian seminar merupakan kesinambungan dari urutan kegiatan Prakerin, maka seminar ini wajib mereka laksanakan.


Salah siswa yang ikut seminar magang tersebut, Wiedia Sukoco dari Kelas Pembenihan dan Kultur Jaringan, mengungkapkan, “Kegiatan ujian seminar yang kita lakukan dimaksudkan untuk mempertanggungjawabkan kegiatan yang magang yang kita lakukan selama 3 bulan kepada siswa dan Guru penguji”, Ungkapnya.


Pada ujian seminar ini ada beberapa kelompok magang yang melakukan presentasi, mereka telah terbagi kelompok sejak melaksanakan kegiatan magang selama 3 bulan, yang terbagi sesuai dengan Kompetensi masing-masing.


Kelompok-kelompok tersebut sebelumnya telah di tempatkan di beberapa tempat yang telah menjadi mitra magang SMK-PP Negeri Banjarbaru. Mitra magang tersebut diantaranya di perusahaan, petani, wirausaha yang berada di wilayah Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Jawa Timur. (WD)


Humas SMKPP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas