-- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU --- SMKPP NEGERI BANJARBARU MENGUCAPKAN DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 73 TAHUN, 17 AGUSTUS 1945 - 2018 --- -

KEL. PWMP RIN ORCHID BERHASIL PASARKAN ANGGREK SAMPAI LUAR KALSEL

Tanggal : 05/02/2018, 14:54:10, dibaca 138 kali.

Semangat dan pantang menyerah adalah kata yang patut disematkan pada kelompok PWMP Rin Orchid dari SMK PP Banjarbaru ini. Kegigihan mereka untuk menggeluti dunia pertanian khususnya budidaya anggrek patut diacungi jempol. Pasalnya sejak mereka gabung dari kelas X sampai mau lulus tahun ini, kelompok ini tetap kompak dan konsisten menjalankan usaha anggrek ini. Seolah mereka seperti anak panah yang akan melesat dan terus melaju mencapai sasaran yang diinginkan mereka  yaitu sukses didunia pertanian khusunya membudidayakan Tanaman Anggrek Bulan ini.


Seperti pada beberapa waktu yang lalu, terlihat tiga orang siswa itu sedang menunggu mengurus ijin pengiriman barang di kantor karantina pertanian Banjarmasin. Rupanya mereka mendapatkan pesanan dari konsumen pecinta anggrek dari Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.


“Kami akan mengirim pesanan anggrek dari pelanggan kami yang ada di pasuruan, jadi sebelum kami kirim melalui jasa pengiriman kami mengurus ijin dulu ke karantina tanaman di  kantor ini” Kata Risma menjelaskan.


“Lumayan kami mendapat pesanan yang cukup banyak bagi kami beberapa bulan ini. Pelanggan kami yang sudah membeli produk kami berasal dari berbagai latar belakang ada yang dari instansi pemerintah seperti rumah sakit Idaman banjarbaru, bahkan kami juga sudah mendapat pesanan dari luar banjarbaru, seperti Kota Banjarmasin, Kab. Balangan, Batu Licin, Gambut, bahkan diluar Propinsi Kalimantan Selatan juga sudah kami kirim, antara lain Propinsi Kalimantan Utara,dan Ke Jawa Timur tepatnya di kabupaten Pasuruan” Ujar Nike.


“Terakhir  di bulan April ini ada pelanggan dari kabupaten Marabahan yang membeli  anggrek kami lumayan banyak, kebetulan pelanggan kami ini mendapat informasi dari orang yang sudah pernah mendengar bahwa kami menjual anggrek dengan harga yang terjangkau tapi kualitas tidak kalah dengan yang ada dipasaran” Kata Nike.


Kelompok yang mereka namai Rin Orchid ini berangota tiga orang yaitu Nike, Risma dan Iqbal yang selalu kompak dalam kegiatan usaha ini. Mereka sudah punya tempat penjualan sendiri dan menjadi etalase produk mereka, mereka sering mendapatkan kunjungan dari penyuka anggrek atau pelanggan yang tertarik dengan Dunia Anggrek untuk sekedar sharing mapaun membeli langsung anggrek bulan hasil budidaya mereka.


Disamping menjual produk Anggrek mereka juga siap menawarkan konsultasi gratis dari calon para pembeli yang memesan produk mereka. Konsultasi yang mereka tawarkan pada pembeli biasanya masalah pupuk yang digunakan, kemudian sepertia apa perawatannya, atau masalah penyakit yang menyerang tanaman Anggrek dan penanganannya.


“Kami akan berusaha melayani pembeli tidak hanya anggrek saja namun juga bisa bertukar pengalaman masalah perawatan tanaman ini, namun jika kami tidak tahu akan kami tanyakan kepada pembimbing kami” kata Risma.


Untuk Pemasaran mereka tidak hanya sekedar menunggu atau pasang spanduk didepan lokasi produksi saja, namun juga mereka memasarkan anggreknya melalui online.“Kami juga memasarkan produk anggrek ini melalui media social seperti Facebook dan Instagram, jadi pembeli dapat melihat promosi produk kami dan tertarik untuk membelinya” Kata Iqbal. 


Memang diera serba digital ini perkembangan Teknologi menjadi hal yang harus dimanfaatkan dalam kegiatan positif, salah satunya adalah memperkenalkan potensi atau keunggulan dari bidang pertanian ini. Semangat untuk generasi muda pertanian, semoga sukses terus usahanya. (Irw)


Tim Pemberitaan SMKPP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas