-- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU --- SMKPP NEGERI BANJARBARU MENGUCAPKAN DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 73 TAHUN, 17 AGUSTUS 1945 - 2018 --- -

UJIAN SEMESTER GENAP TP. 2017/2018, BERBASIS ONLINE

Tanggal : 05/15/2018, 14:01:09, dibaca 139 kali.

Banjarbaru, (15/5/2018) Menjelang berakhirnya Tahun Pelajaran (TP.) 2017/2018 di tahun 2018 ini, tentunya akan mengantarkan siswa untuk melaksanakan ujian akhir semester (UAS). Pelaksanaan ujian ini untuk menilai seberapa besar siswa dalam menerima pembelajaran sebelumnya.


Pada ujian kali ini untuk semester genap di Tahun Pelajaran 2017/2018, yang merupakan periode sebagai penilaian bagi sekolah untuk menaikkan ataupun tinggal kelas bagi para siswanya. Maka di semester ini para siswa harus benar-benar sungguh-sungguh dalam mengerjakan ujian.


“UAS adalah Ujian Akhir Semester, merupakan salah satu komponen dalam penilaian hasil belajar siswa pada tiap semesternya disamping dari nilai per KD/kompetensi dasar dan penugasan untuk penilaian Pengetahuan”, Seperti yang disampaikan Wakasek Kurikulum SMKPP N Banjarbaru, Ibu Airin Nurmarita.


Pelaksanan UAS di SMKPP N Banjarbaru kali ini dilaksanakan selama 6 hari, yaitu dari tanggal 7 sd 15 Mei 2018. Ujian ini diikuti sekitar 291s siswa, dan ini wajib diikuti oleh semua siswa yang tersisa yaitu kelas X dan XI, karena siswa XII sudah lulus sekolah.


UAS kali ini juga menjadi yang pertama dalam pelaksanaan UAS di SMKPP N Banjarbaru, karena menggunakan atau berbasis online. UAS berbasis online ini siswa tidak mengerjakan soal jawaban dengan kertas namun dengan menggunakan Handphone (Android)  ataupun Komputer (Laptop, PC).


Pemilihan UAS berbasis online ini menurut Ibu Airin Nurmarita karena, “secara fasilitas komputer dan lab. Bahasa, maupun HP atau android memenuhi syarat dan jumlah disamping jaringan dan wi-fi masih dalam kategori cukup untuk melaksanakan ujian berbasis online”.


“Ini juga lebih memudahkan guru karena nilai akan langsung diperoleh begitu siswa selesai mengerjakan ujian atau logout. Disamping itu kita dpt melakukan penghematan kertas atau less paper sebagai upaya mengurangi sampah dan penggunaan kertas” Ujarnya.


UAS berbasis online ini siswa akan melihat soal melalui Handphone ataupun Komputer, dan kemudian siswa juga menjawab soal menggunakan Handphone ataupun Komputer. Diharapkan UAS berbasis online ini nilai yang keluar akan cepat di dpat dan dapat diketahui dengan cepat.


Menurut Proktor atau operator UAS berbasis Online di SMKPP N Banjarbaru ini, yaitu Bapak Gatot Yuniantoro, “UAS berbasis online ini menggunakan aplikasi beesmart, dimana aplikasi ini sangat membantu para Guru, dalam artian guru tidak membuat isian lagi dan apabila siswa selesai, maka nilai akan muncul secara otomatis, saat itu juga”, Katanya.


Pelaksanaan UAS berbasis online menjadi pengalaman pertama bagi Akhmad Rizaldi, siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Perkebunan, “Pertama-tama saya merasa kebinguangan dan agak canggung, namun dibalik semua itu ada keunggulan tersendiri, dimana kami para murid dimudahkan tidak perlu membawa alat tulis dan tentunya nilainya langsung keluar”, Katanya.


Walaupun menjadi UAS berbasis online yang pertama kali, namun secara garis besar pelaksanaan ujian ini berjalan dengan lancar, walaupun ada sedikit kendala teknis, namun tidak sampai memberhentikan pelaksanaan UAS berbasis online di SMKPP Negeri Banjarbaru. (WD)


Humas SMKPP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas