-- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU --- SMKPP NEGERI BANJARBARU MENGUCAPKAN DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 73 TAHUN, 17 AGUSTUS 1945 - 2018 --- -

WORKSHOP PENYUSUNAN DOKUMEN AKREDITASI 2018

Tanggal : 08/15/2018, 06:49:36, dibaca 41 kali.

Sekolah Menengah Kejuruan - Pertanian Pembangunan (SMKPP) Negeri Banjarbaru menggelar workshop penyusunan dokumen akreditasi sekolah tahun 2018 di G'Sign Hotel Banjarmasin pada 8 - 10 Agustus lalu.


Seperti diketahui bahwa akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah.


Dasar hukum akreditasi sekolah utama adalah : Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 60, Peraturana Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 86 & 87 dan Surat Keputusan Mendiknas No. 87/U/2002. Dalam proses akreditasi sekolah ada beberapa dukumen atau administrasi yang harus disiapkan, dokumen tersebut meliputi 8 standar pendidikan nasional.


Dalam pembukaan workshop,Kasubag TU mewakili kepala sekolah, Irwanto mengatakan bahwa kegiatan akreditasi sekolah adalah bagian yang sangat penting karena menyangkut kredibilitas lembaga.


“Tahun 2018 ini masa berlakunya sertifikat akreditasi akan berakhir. Untuk itu tahun ini kita harus segera mengajukan lagi akreditasi ke Badan Akreditasi sekolah. Harapannya dari kegiatan ini kita bisa melengkapi dokumen dokumen yang akan kita kirim melalui aplikasi Sispena dan nanti sekolah akan mendapatkan visitasi dari asesor”, Kata Irwanto.


Selanjutnya Irwanto mengajak kepada semua peserta workshop“Mari kita bersemangat dan fokus untuk menyelesaikan tugas yang sudah menjadi amanah kita, setelah dari kegiatan ini semua dokumen sudah bisa kita diprintout dan nilai Evaluasi Diri dapat kita ketahui, sehingga dokumen yang belum lengkap segera untuk dilengkapi”, ajak kasubag TU.


Pantauan Tim berita workshop ini berjalan aman, lancar, dan sukses, dan diwarnai oleh suasana kekeluargaan. Pada hari kedua Tim yang bertanggung jawab dalam evaluasi penilaian diri memaparkan hasil isian yang sudah dituangkan dalam dokumen.


Dari 8 Standar Pendidikan nasional yang sudah dievaluasi setiap nomor dicermati bersama oleh tim untuk didiskusikan bersama agar memiliki pandangan yang sama saat nanti visitasi. Pada Hari kedua Kepala sekolah dapat berhadir dan menyampaikan beberapa arahannya.


Dalam arahannya, Kepala Sekolah sangat berharap agar tim yang sudah terbentuk dan bekerja dengan solid ini ini, diharapkan kiranya bisa bekerja secara proporsional,dan bekerja dengan sungguh-sungguh serta bertanggung jawab terhadap beban kerja yang telah dibebankan. Kita semua sangat menghendaki agar sekolah kita tetap mempertahankan status akreditasi A, seperti yang telah didapat dalam akreditasi tahun sebelumnya.


Sementara itu, Ketua Tim Akreditasi Arnaning Tyas, saat dimintai tanggapannya terkait tugas yang dibebankan kepada panitia, beliau menyatakan bahwa Tim sanggup melaksanakan tugas itu dengan penuh tanggung jawab.


Beliau juga menyatakan tanpa dilandasi oleh kebersamaan dalam melaksanakan tanggung jawab ini, mustahil kegiatan ini akan berlangsung sukses. Olehnya kebersamaan, kekompakan, dan saling memahami mutlak harus dikedepankan oleh semua anggota panitia.


Sampai hari ke 3, Dokumen I, setiap prodi sudah selesai dan siap diprintout. Menurut ketua tim diusahakan tim sudah selesai untuk mencetak dokumen yang sudah dikerjakan selama 2 hari ini sehingga disekolah nanti tinggal melengkapi barang bukti untuk melengkapi dokumen 1 yang ada.


"Semoga kerja keras selama 3 hari ini membawa hasil positif, sehingga kita mempertahankan akreditasi tetap bisa A."ungkap ketua panitia menutup wawancara. (humas)


Tim Pemberitaan SMKPP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas