-- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU --- SMKPP NEGERI BANJARBARU MENGUCAPKAN DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 73 TAHUN, 17 AGUSTUS 1945 - 2018 --- -

SMK PP BANJARBARU KEMBALI BUDIDAYAKAN BUNGA KOL DI DATARAN RENDAH

Tanggal : 08/27/2018, 06:58:21, dibaca 53 kali.

Banjarbaru, (27/8/2018) - Wilayah banjarbaru merupakan wilayah yang cukup panas suhu rata-ratanya. Untuk menanam sayur yang biasanya ditanam didaerah dataran tinggi sepertinya orang masih pesimis.Namun tidak untuk seorang guru pertanian SMK PP Banjarbaru, Arni Setyo Priambodo,SST,M.Pd. Di tangan guru ini dan siswanya kelas XII Tanaman Pangan dan Hortikultura SMK PP Banjarbaru, tanaman seperti brokoli, bunga kol, wortel, sawi daging dan bisa berhasil untuk ditanam.


Kali ini sejumlah siswa terlihat sedang sibuk memindahkan benih bunga kol ke bedengan yang sudah disiapkan seminggu yang lalu. Di atas lahan seluas 0,5 Ha, terlihat bedengan yang rapi siap untuk ditanam bunga Kol. Proses penamaman ini tidak hanya kali ini saja, sebelumnya di lahan ini juga sudah ditanami bunga kol dan berhasil panen.

“Sekitar bulan Januari kemarin juga sudah menanam bunga kol ini dan cukup berhasil, bahkan bobot sayurnya rata-rata 1 kg lebih.Jadi kami termotivasi lagi untuk praktik mata pelajaran tanaman sayur semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019  ini kami coba tanam lagi”, ujar Arni menjelaskan.


Selama semester ini siswa diberitanggungjawab untuk budidaya bunga kol dari mulai pengolahan tanah sampai perawatannya. Salah seorang siswa merasa senang dengan kegiatan yang dilakukan ini. Ketika ditanya apa saja kegiatan yang sudah dilakukan dalam budidaya bunga kol ini. “Untuk proses budidaya bunga kol ini, kami siswa kelas XII ATPH terlebih dahulu menyiapkan bibit bunga kol yang disemai selama 2 pekan. Kadang kami sampai menjelang magrib menyiapkan proses penanaman ini, tapi kami semua menikmati prosesnya, karena nanti ketika panen semua itu akan terbayar”, Ujar salah Fatoni seorang siswa kelas XII ATPH dengan penuh semangat.


Ketika dilihat memang semangat siswa ini bisa dibilang luar biasa, ditengah terik panas matahari yang menyengat mereka tidak takut untuk turun ke lahan, mulai memindahkan satu persatu tanaman yang sudah disemai selama 2 pekan lalu.

 
Di masa-masa awal tanam, pemupukan juga harus dilakukan rutin setiap dua minggu sekali. Selain itu, lakukan juga penyemprotan tanaman dengan cairan anti hama secara rutin. Hal ini penting untuk mencegah brokoli dari serangan hama. Bunga kol yang ditanam dilahan SMK PP Banjarbaru diberi perlakuan untuk sedikit mungkin menggunakan insektisida kimia untuk mengusir hamanya.

 
Hal lain yang dilakukan untuk mengurangi hama maka di sepanjang pematang lahan ditanam refugia, kenikir yang diharapkan bisa menjadi perangkap hama yang ada. Disamping lahannya jadi indah, juga efektif bisa mengurangi hama yang akan menyerang tanaman. “Prediksi kami berdasar pengalaman seblumnya, bunga kol yang kami tanaman bisa berhasil sampai panen sekitar 90 %” target Arni dengan mantap.

Tim Pemeberitaan SMKPP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas