-- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU --- SELAMAT HARI PANGAN SEDUNIA (16 OKTOBER 2018) --- MARI DUKUNG & SUKSESKAN HARI PANGAN SEDUNIA DI KALIMANTAN SELATAN (18 SD 21 OKTOBER 2018) --- -

UJI SERTIFIKASI PENGOLAH SUSU KEDELAI BERJALAN LANCAR

Tanggal : 09/21/2018, 15:10:53, dibaca 62 kali.

Banjarbaru, (21/9/2018) – Setelah pembukaan uji sertifikasi bidang pengolahan hasil pertanian (PHP) untuk skema sertifikasi  pengolah susu kedelai pada hari Rabu, 19 September 2018 kemarin, selanjutnya ialah pelaksanaan kegiatan uji sertifikasi selama 3 hari.


Para siswa di uji oleh para asesor di kompetensi bidang PHP diantaranya:,  Murdiani, Diana Triwarningsi, Agitya Kustantoko dan dari LSP Kementerian Pertanian: Ismi Puji Ruwaida (Asesor Lisensi).


Uji sertifikasi yang sekiranya digelar selama 3 hari dari tanggal 19 sd 21 September 2018, selesai dalam waktu 2 hari saja. Sebab, ke-26 siswa dari kompetensi keahlian Pengolahan Hasil Pertanian (PHP) TP. 2018/2019 cepat dan sigap sehingga ujian berjalan dengan lancar dan sukses.


“Alhamdulillah sekitar tadi siang jam 1 (20/9/2018) sudah selesai dan saya mewakili teman-teman asesor yang lain, saya yakin dengan seyakin-yakinnya teman-teman ini mempunyai kompetensi yang luar biasa, namun masih ada sedikit masalah walau tidak apa-apa, kalau sudah berhasil call me”, Ujar salah satu asesor, Murdiani.


Walaupun hasil akhir apakah mereka kompeten menjadi pengolah susu sari kedelai belum bisa diketahui dan umumkan, namun ini akan menjadi pengalaman bagi mereka dalam menghadapi sertifikasi selanjutnya dan bidang yang lainnya.


Kepala Sekolah SMKPP N Banjarbaru, Suherman memberikan pesan kepada siswa pada penutupan uji sertifikasi, “Oleh karena itu, jadi ini sesuatu yang luar biasa anda diuji membuat susu kedelai, mudah-mudahan walaupun Bapak Asesor tidak menyampaikan bahwa anda kompeten dalam membuat susu kedelai, tapi saya berharap selaku pimpinan sekolah ini semuanya menjadi kompeten”, Katanya.


Merinci dari pelaksanaan uji sertifikasi, setelah pembukaan pada hari pertama, para siswa diwajibkan mengisi data pribadi dan kemudian melanjutkan tes tertulis. Pada hari kedua siswa kelas XII PHP tersebut melaksanakan praktek uji pembuatan susu sari kedelai.


Pada praktek uji sertifikasi siswa diharuskan untuk mengolah dari awal pembuatan sampai dengan proses pengemasan. Siswa diberikan waktu selama 1 jam untuk dapat menyelesaikan proses-proses dalam pembuatan susu sari kedelai.


Pada uji sertifikasi ini siswa akan melaksanakan uji sertifikasi dalam membuat susu kedelai, dimana siswa akan di uji apakah mereka layak atau tidak menjadi seorang yang profesional dalam membuat susu kedelai.


Perlu diketahui bahwa ini merupakan salah satu upaya SMKPP N Banjarbaru dalam menciptakan lulusan yang memiliki keunggulan ialah dengan menggelar uji sertifikasi profesi bidang teknologi hasil pertanian untuk para siswa kelas XII Pengolahan Hasil Pertanian. (WD)


Humas SMKPP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas