-- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU --- SELAMAT HARI PANGAN SEDUNIA (16 OKTOBER 2018) --- MARI DUKUNG & SUKSESKAN HARI PANGAN SEDUNIA DI KALIMANTAN SELATAN (18 SD 21 OKTOBER 2018) --- -

UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA

Tanggal : 10/01/2018, 14:15:32, dibaca 57 kali.

Banjarbaru, (1/10/2018) – Tepat hari ini kita memperingati salah satu hari nasional, yaitu hari kesaktian Pancasila. Hari tersebut lebih berkaitan dengan peristiwa G30S/PKI yang terjadi 30 September 1965. Pada tanggal 30 September 1965, terjadi insiden yang dinamakan Gerakan 30 September (G30S).


Gerakan tersebut mengakibatkan enam Jenderal dan 1 Kapten serta beberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta. Gejolak yang timbul akibat G30S pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia.


Pemerintah pada Orde Baru kemudian menetapkan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Maka, demi memperingati kejadian tersebut, pemerintah mewajibkan untuk menggelar upacara peringatan hari kesaktian pancasila bagi sekolah dan instansi pemerintah.


SMK PP Negeri Banjarbaru, sebagai salah satu sekolah dan juga instansi pemerintah ikut serta menggelar upacara hari kesaktian Pancasila. Upacara ini digelar di halaman upacara kampus dan diikuti semua pegawai dan siswa kelas X, XI dan XII.


Upacara yang di mulai pukul 07.30 ini, berlangsung dengan bendera berkibar sebelum upacara, sebagai salah satu bentuk dari  peringatan hari kesaktian Pancasila. Upacara kali ini yang bertugas ialah para siswa dan sebagai pembina upacara ialah Kepala Sekolah SMK PP N Banjarabaru, Suherman.


“53 tahun yang  lalu negara kita di rong-rong oleh paham yang tidak disetujui oleh agama dan negara, kita tahu bahwa negara ini berlandaskan pada Pancasila, maka mari kita sama-sama perkuat persatuan dan kesatuan diantara kita”, Ucap Kepala Sekolah dalam pidatonya.


Selain itu Kepala Sekolah juga mengajak kita untuk peduli terhadap bencana gempa dan tsunami di Poso dan Donggala. Kepedulian itu juga menindaklanjuti perintah dari Kementerian Pertanian untuk mendukung gerakan seratus ribu kemanusiaan (Gesbuk).


“Sebagai rasa persaudaraan dalam rangka hari kesaktian pancasila bahwa kita merasakan apa yang dirasakan oleh saudara kita disana, oleh karena itu mari kita sukseskan Gesbuk ini, Gerakan Seratus Ribu untuk kemanusiaan tentunya yang ada di Palu dan Donggala, terutama bagi pegawai”, Ucap Kepala Sekolah.


Pelaksanaan upacara hari kesaktian ini merupakan moment untuk kita mengenang bahwa dahulu negara kita pernah terjadi tragedi besar terhadap bangsa dan ideologi Pancasila. Maka kita harus semakin bangga menjadi warga negara Indonesia dengan mendukung dan menjunjung tinggi ideologi Pancasila.


Selain itu momen ini juga menjadi ajang untuk mengajak para pegawai dan siswa untuk ikut perduli terhadap bencana alam (Gempa & Tsunami) yang terjadi di Palu dan Donggala, dengan mendukung gerakan seratus ribu kemanusiaan (Gesbuk) bagi yang mampu dan ingin menyumbang. (WD)


Humas SMK PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas