- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SELAMAT HARI JADI KE-65 TAHUN SMK-PP (SPMA/SPP) N BANJARBARU (1 NOVEMBER 2020) -- SELAMAT HARI GIZI NASIONAL (25 JANUARI 2021) "Gizi Seimbang, Remaja Sehat, lndonesia Kuat" -- SMK-PP N BANJARBARU TETAP BUKA PELAYANAN TERBATAS, SENIN SD JUMAT (08.00 SD 14.30) -- -

Pencarian
Waktu saat ini
Pelayanan
PPID SPPNBANJARBARU
Pelayanan Publik
E-Online
Layanan Aspirasi & PengaduaanE-Publikasi KementanSatu Layanan KementanMenu DownloadE-Library SMK-PP N BanjarbaruInfografis
Agenda
26 January 2021
M
S
S
R
K
J
S
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6

SISWA APHP SABET JUARA 3 ENASCO DI ECODAYS 2019

Tanggal : 10/15/2019, 07:49:58, dibaca 511 kali.

Surakarta, - SMK-PP Negeri Banjarbaru mengirimkan wakilnya dalam ajang lomba ENASCO (Ecodays National Essay Competitio), yang dilaksanakan di  Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Jawa Tengah pada tanggal 10-13 Oktober 2019.


ENASCO (Ecodays National Essay Competition) sendiri adalah lomba menulis esai/opini yang berskala nasional yang dapat mengembangkan bakat siswa dalam menulis opini berdasarkan data di lapangan, sebagai media untuk menampung aspirasi para siswa, dan sebagai media peyaluran inovasi dari para siswa yang ada di Indonesia untuk mengutarakan solusi dari problematika permasalahan terkait lingkungan hidup berdasarkan ide-ide kreatif.


Dalam ajang lomba ini, SMK-PP Negeri Banjarbaru mengirimkan 2 orang perwakilan dari siswa  yaitu Halimatus Sa’diyah dan Nur Aisyah Amaliah, dimana keduanya merupakan siswi yang duduk di bangku kelas XII Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) dan tergabung dalam kelompok HANUR yang merupakan singkatan dari nama mereka berdua.


Lomba yang sudah dilaksanakan ke 8 kalinya ini, mengambil tema Empowering The Nation Through Eco-Friendly Ideas”. Melaui tema tersebut, diharapkan peserta dan masyarakat umum mampu menggunakan pengetahuan serta keahliannya untuk menciptakan ide dan inovasi ramah lingkungan yang berbasis teknologi.


Nur Aisyah Amaliah menuturkan bahwa Ia dan Halimatus Sa’diyah tidak menyangka bisa memperoleh juara 3. Pasalnya sewaktu melakukan persentasi, mereka banyak mendapat kritikan dari para juri. Tetapi mereka juga bangga, karena esai mereka merupakan salah satu yang terbaik dari 10 besar finalis yang mengikuti ajang ini.


“gugup, soalnya begitu tiba saat pengumuman yang diadakan pada saat Gala Dinner di Hotel Megaland Surakarta kami tidak mengira sama sekali kalau kami keluar sebagai salah satu juara. Mengingat, kami merupakan kelompok yang banyak mendapat masukan, kritikan, bahkan pertanyaan dari juri,” papar Aisyah.


Dalam persentasinya, Hanur mengemukakan esai dengan judul “Pemanfaatan Tanaman Andong Sebagai Usaha Yang Bernilai Ekonomis”. Dalam esai ini, mereka membuat permen dari ekstrak tanaman andong. Dimana permen ini diklaim membawa banyak manfaat sebagaimana manfaat yang terdapat dalam tanaman andong.


Permen Andong ini juga telah melalui uji lab yang dilaksanakan di Laboratorium FMIPA Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru. Selanjutnya, Hanur akan terus melanjutkan penelitiannya terhadap tanaman andong. Salah satunya dengan cara memperhatikan masukan dari para juri ECODAYS 2019. (tm/wd)




Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas