- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- PENERIMAAN SISWA BARU SISTEM ONLINE TELAH DIBUKA, MULAI 4 SD 20 MEI 2020 & DIBUKA LAGI 2 SD 19 JUNI 2020 -- SELAMAT MELAKSANAKAN LEARNING FROM HOME BAGI SISWA SMK-PP N BANJARBARU, #STAY SAFE - SMK-PP N BANJARBARU TETAP BUKA PELAYANAN TERBATAS, WALAU BEBERAPA PEGAWAI LAKUKAN WFH -- -

KELOMPOK PWMP 2019, PANEN TOMAT

Tanggal : 05/19/2020, 10:45:37, dibaca 31 kali.

Banjarbaru, - Dukungan Kementerian Pertanian dalam upaya mewujudkan regenerasi pertanian, salah satunya melalui program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP). PWMP menjadi program andalan Kementan dalam rangka regenerasi petani.


Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, "Ke depan, generasi muda pertanian bukanlah pekerja bidang pertanian, tetapi menjadi pelaku usaha pertanian. Regenerasi petani menjadi hal yang penting dan utama sekarang ini," ujarnya.


Salah satunya kelompok PWMP Setia Sejati penerima bantuan modal PWMP tahun 2019 dari SMK-PP Negeri Banjarbaru tetap semangat di tengah pandemik covid-19 ini.


Kelompok yang terdiri dari 3 orang siswa kelas XI Agribisnis Perkebunan ini di ketuai oleh Ahmad Andery Romadhany dengan anggota Khoirul Abdi dan Mawadatusifa. Mereka tetap semangat dengan usaha yang mereka geluti, yaitu Tomat.


Usaha budidaya tomat yang di lakukan di Desa Gunung Kupang, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru ini berhasil mereka budidayakan dan berhasil panen pada Kamis, (14/5).


Diwawancarai melalui sambungan whatsapp (18/5), Andery menjelaskan, “Dengan lahan seluas 1/4 Ha ini mereka berhasil mendapatkan tomat sebanyak 25 kg, yang kemudian dijual dengan harga 6 ribu/kg nya”, Ungkapnya.


Menurut Andery hasil panen ini kemudian dijual ke warung sayur dekat dengan rumah dan ada beberapa yang mengambil di rumah.


Kedepannya Andery mengungkapkan, “Semoga kedepannya bisa lebih maksimal lagi dalam melakukan perawatan terutama di kondisi seperti sekarang ini”, Ucap Andery di akhir wawancara.


Usaha PWMP Setia Sejati ini tidak lepas juga atas bimbingan Guru Angga Tri Aditya Permana sebagai pembimbing, yang secara teknis dan motivasi selalu mendampingi usaha petani milenial ini untuk tetap melaksanakan usaha PWMP nya.


Angga mengharapkan, "Kedepannya semoga budidaya terus berlanjut, memberikan keuntungan secara ekonomis, juga menjadi pembelajaran berupa pengalaman dalam dunia agribisnis alhamdulillah ada petani lokal yang turut serta mendampingi berbagi pengalaman dengan siswa. Kedepannya mudah²an bertani menjadi tren kaum milenial yang saat ini jarang ditemukan hadir dalam sektor pertanian khususnya di kalimantan selatan", Ujarnya.(wd)


Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas