- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SELAMAT HARI JADI KE-65 TAHUN SMK-PP (SPMA/SPP) N BANJARBARU (1 NOVEMBER 2020) -- SELAMAT HARI PAHLAWAN (10 NOVEMBER 2020) -- SMK-PP N BANJARBARU TETAP BUKA PELAYANAN TERBATAS, SENIN SD JUMAT (08.00 SD 14.30) -- -

SOSIALISASI KOSTRATANI DI BPP KARANG INTAN

Tanggal : 07/23/2020, 13:33:01, dibaca 157 kali.

Banjarbaru, – Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani), merupakan program utama Kementan yang  digagas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, sebuah gerakan pembaharuan dimana pembangunan pertanian dimulai dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di tingkat Kecamatan.


Kedepannya Kostratani akan menjadikan BPP sebagai pusat pembangunan pertanian yang melibatkan seluruh pelaku pertanian yang ada di Kecamatan. Dedi mengatakan bahwa penyuluh dalam Kostratani harus mampu menjadi insan yang handal, tekun, dan profesional.


Penyuluh milenial juga harus selalu meng-update teknologi informasi serta mengusai dan mampu mengoperasionalkan seluruh perangkat system yang dipersiapkan oleh Kementerian Pertanian. Pembinaan PPL, Duta Milenial tetap berjalan melalui berbagai kegiatan seperti on line sistem, Bertani On Cloud, ngobras, sapa petani dan lain-lain. Dan oleh karena itu, Dedi menginstruksikan untuk mulai membina dua BPP sebagai model atau contoh untuk BPP lain.

Melalui arahan tersebut, Plt. Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Banjarbaru, Hj. Airin Nurmarita, SP, MP mengambil langkah sosialisasi kostratani di BPP.
Salah satu BPP yang dijadikan BPP Model oleh SMK-PP Negeri Banjarbaru adalah BPP Karang Intan yang berada di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Sosialisasi yang dilaksanakan pada Rabu (22/7) pagi ini bertempat di Aula Pertemuan BPP karang Intan  dengan dihadiri oleh Camat Karang Intan, Danramil 1006-05/Karang Intan, Kabid. Penyuluhan Pertanian Dinas Tanaman Pangan Hortikultura (TPH) Kabupaten Banjar, Koordinator BPP Karang Intan, serta Penyuluh Pertanian yang berada di bawah BPP karang Intan dengan total peserta sekitar 30 orang.

Dalam sosialisai ini, Airin menyampaikan program kementerian pertanian melalui program kostratani dengan tujuan salah satunya menyamakan persepsi antara pihak terkait. Hal ini dilakukan demi segera mewujudkan kedaulatan pangan dan terjalinnya sinergitas mulai dari pusat hingga daerah sesuai harapan Menteri Pertanian.

Sosialisasi ini menuai respon positif dari peserta. Salah satunya seperti yang disampaikan oleh Sigit. Sigit yang merupakan penyuluh dari BPP Karang intan ini berharap, nantinya para penyuluh BPP Karang intan akan mendapatkan pelatihan / pembekalan, terutama di bidang IT. Menurutnya hal ini sangat diperlukan oleh penyuluh, terutama untuk mendukung kelancaran jalannya Kostratani.

Dalam pelaksanaannya nanti BPP Model Kostratani juga bekerjasama dengan PJ Provinsi, PJ Kabupaten, dan Kostratanas ditingkat pusat. BPP Model Kostratani juga akan didampingi sepenuhnya oleh Babinsa.


Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas