- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-75 - INDONESIA MAJU * BANGGA BUATAN INDONESIA * KONSUMSI PRODUK PERTANIAN INDONESIA -- SELAMAT HARI PALANG MERAH INDONESIA (17 SEPTEMBER 2020) -- SMK-PP N BANJARBARU TETAP BUKA PELAYANAN TERBATAS, SENIN SD JUMAT (08.00 SD 14.30) -- -

KELOMPOK PWMP KEMENTAN, PRODUKSI NUGGET PISANG

Tanggal : 08/07/2020, 09:07:09, dibaca 82 kali.

Banjarbaru, - Penumbuhan Wirausahan Muda Pertanian (PWMP) merupakan Program dari Kementerian Pertanian, dimana SMK-PP Negeri Banjarbaru termasuk di dalamnya untuk menjalankan dan mensukseskan program tersebut.


Salah satunya adalah Kelompok Penerimaan bantuan PWMP Kementan Tahun 2020 dari SMK-PP Negeri Banjarbaru, yaitu kelompok PWMP Parana yang bergerak dalam produksi pengolahan Nugget Pisang yang dibimbing dan dibina oleh Guru SMKPP Negeri Banjarbaru, Patmawati.


Walau di kondisi pandemic covid-19 ini, usaha mereka tetap mendapatkan permintaan produk dan bahkan permintaan pelanggan semakin meningkat, dijelaskan oleh Pembimbing PWMP, Patmawati, “Mereka tetap mendapatkan permintaan produk dan bahkan permintaan pelanggan semakin meningkat”, Ujarnya.


Hal ini justru menjadi peluang yang sangat menguntungkan bagi Usaha mereka dan diharapkan Usaha terus berkembang dan berjalan sesuai harapan, “Usaha ini bisa terus maju dan dapat meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat ditengah kondisi pandemi COVID-19  ini”, Imbuh Patmawati.


Pada prosesnya, salah satu anggota kelompok Parana, Ahmad Naufal Safaq menjelaskan, “Kami memerlukan waktu proses dua kali dalam satu minggu bisa menghasilahan sekita 200 bungkus saat produksi sedangkan permintaan setiap hari mencapai 40 bungkus”, Jelasnya


Lanjut Ahmad Naufal Safaq, “Kami memproduksi setiap hari sabtu dan minggu dimana pada hari itu tidak ada kegiatan  Proses belajar mengajar yang biasanya diisi dengan Kegiatan lingkam dan Estrakurikuler”, Imbuhnya.


Penumbuhan Wirausahan Muda Pertanian (PWMP) merupakan Program dari Kementerian Pertanian, dimana SMK-PP Negeri Banjarbaru termasuk di dalamnya untuk menjalankan dan mensukseskan program tersebut.


Program PWMP dibawah naungan Badan Penyuluhan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan ini tentunya mengharapkan kegiatan di sektor pertanian tidak berhenti dan mendukung kebutuhan pangan kepada masyarakat Indonesia.


Seperti dijelaskan oleh Kepala Badan PPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi ini, , “Tujuan PWMP ini untuk menarik minat pemuda, mahasiswa, siswa dan sarjana mendukung pembangunan sektor pertanian,’’ Ujar Kepala BPPSDMP.


Sebab, hal diatas sesuai dengan arahan dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang meyakini usaha dan kredibilitas generasi muda di bidang pertanian semakin berkembang. Serta banyaknya petani milenial yang kini telah menjadi pengusaha sektor pertanian dan mengembangkan usahanya dari dulu hingga sekarang. (wd)


Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas