- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-75 - INDONESIA MAJU * BANGGA BUATAN INDONESIA * KONSUMSI PRODUK PERTANIAN INDONESIA -- SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA (28 OKTOBER 1928-2020) -- SMK-PP N BANJARBARU TETAP BUKA PELAYANAN TERBATAS, SENIN SD JUMAT (08.00 SD 14.30) -- -

VISITASI PENDIRIAN POLBANGTAN BANJARBARU

Tanggal : 10/03/2020, 12:29:15, dibaca 48 kali.

Banjarbaru, - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menilai Polbangtan adalah kekuatan memepersiapkan generasi bidang pertanian, "Polbangtan ini salah satu kekuatan pertanian di masa depan yang menggagas pendidikan advokasi untuk mempersiapkan pertanian yang tentu berkembang lebih maju, lebih modern dan mampu membangun kemandirian petani daerah dan kemandirian nasional terhadap kebutuhan kita," ujarnya.


Oleh sebab itu SMK-PP Negeri Banjarbaru di transformasikan menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Banjarbaru. Transformasi ini telah dilaksanakan sejak 3 tahun yang lalu (2018), oleh tim Polbangtan di SMk-PP N Banjarbaru, dan tentunya berbagai proses telah dilalui oleh tim ini.


Kali ini proses yang dilakukan untuk pendirian Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Banjarbaru adalah visitasi oleh tim penilai dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Jumat (2/10).


Visitasi yang dilakukan via daring ini dilaksanakan di Kampus SMK-PP N Banjarbaru dengan dihadiri secara virtual oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kepala Pusat Pendidikan Kementan, dan hadir langsung Kelapa Bidang Kelembagaan dan ketenagaan pendidikan Kementan, Kepala Sekolah SMK-PP N Banjarbaru, Tim Pendirian Polbangtan Banjarbaru berserta Calon Dosen.


Verivikator dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud ini membagi 3 aspek diantaranya: Aspek Sarpras, Aspek Kurikulum dan Dosen, dan Aspek Hukum, dimana semuanya dilakukan secara daring untuk masing-masing aspek tadi.


Aspek yang dinilai oleh tim verifikator antara lain melihat secara langsung ijazah, ktp, transkip nilai calon dosen, melihat sarana prasarana, melihat tentang bangunan, alat, ruangan, tanah dan bangunan, melihat manajemen keuangan dan beberapa hal lainnya.


Terakhir, tim verifikator dari Kemendikbud, Sudarsono mennyampaikan, “Jika ini akhirnya nantinya ini lancar, kami hanya memberikan rekomendasi yang nanti akan ditinjau oleh Kementerian Pertanian untuk kemudian Kementerian PAN dan RB,  jadi nanti sudah ada rekomendasi dari sana, tentunya ijin dan SK dikeluarkan oleh Kementerian PAN dan RB, kemudian kami mengeluarkan ijin Prodinya, Jelasnya.


Proses verifikasi secara daring ini Kepala Badan PPSDM Pertanian, Dedi Nursyamsi berharap dapat terus berjalan ke proses selanjutnya, “Alhamdulillah kita sudah memasuki proses asesmen, kita sangat berharap proses ini berjalan terus dengan lancar, sehingga cita-cita kita membangun Polbangtan di Banjarbaru di Kalimantan Selatan ini bisa segera terwujud”, Ucapnya.


Di akhir sesi, Kepala Sekolah SMK-PP N Banjarbaru, Budi Santosa mengucapkan rasa syukur kegiatan berjalan lancar, “Alhamdulillah Bapak dan Ibu semuanya, hari ini kita telah menyelesaikan Kegiatan Visitasi Pendirian Polbangtan, atas nama SMK-PP Negeri Banjarbaru kami mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya”, Pungkasnya.


Nantinya Polbangtan Banjarbaru ini akan berdiri di lahan yang sekarang menjadi SMK-PP N Banjarbaru, sehingga nantinya SMK-PP N Banjarbaru akan naik kelas menjadi Polbangtan Banjarbaru dengan membuka 3 Program Studi: Budidaya Tanaman Perkebunan, Budidaya Tanaman Hortikultura, dan Teknologi Hasil Pertanian. (wd)


Tim Humas SMK-PP N Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas