- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-75 - INDONESIA MAJU * BANGGA BUATAN INDONESIA * KONSUMSI PRODUK PERTANIAN INDONESIA -- SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA (28 OKTOBER 1928-2020) -- SMK-PP N BANJARBARU TETAP BUKA PELAYANAN TERBATAS, SENIN SD JUMAT (08.00 SD 14.30) -- -

KEMENTAN SIAP DIRIKAN POLBANGTAN BANJARBARU

Tanggal : 10/07/2020, 13:37:55, dibaca 65 kali.

Banjarbaru, - Program Nasional Food Estate mendapat jaminan energi baru di lini Sumber Daya Manusia (SDM). Sebab, SMK PP Banjarbaru kini bertransformasi menjadi Polbangtan Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel). Spesialisasinya pengembangan pertanian berbasis lahan rawa, menguatkan SDM pertanian kompeten, Polbangtan Banjarbaru siap membuka pendaftaran mahasiswa baru pada tahun ajaran 2021.


Spesialisasi lembaga pendidikan ini adalah pengembangan pertanian berbasis lahan rawa. Guna menguatkan SDM pertanian kompeten, Polbangtan Banjarbaru siap membuka pendaftaran mahasiswa baru pada tahun ajaran 2021.


Hal tersebut dipastikan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi di akhir kunjungannya di Kalimantan Tengah, dengan berkunjung dan memberikan arahan di SMK-PP Negeri Banjarbaru, Sabtu (3/10).


Kunjungan ke SMK-PP N Banjarbaru ini dalam rangka memberikan arahan terkait pendirian Polbangtan Banjarbaru, dimana sehari sebelumnya telah dilakukan visitasi pendirian Polbangtan Banjarbaru secara daring oleh tim dari Kemendikbud RI.


Bertempat di aula SMK-PP N Banjarbaru, Dedi Nursyamsi memberikan arahan kepada pegawai SMK-PP N Banjarbaru, calon dosen Polbangtan Banjarbaru dan tim dari BPPSDMP.


Lanjut Kepala Badan BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi “Terkait rencana pembangunan Polbangtan Banjarbaru, saat ini sedang proses dan proses itu harus berjalan dan proses itu harus sukses, semua tergantung kita, namun dimulai dari mindset kita, jadi kita harus berusaha keras meningkatkan kualitas kita”, Ujarnya mengawali arahan.


“Bapak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah memberi peluang kepada SMK-PP N Banjarbaru untuk naik kelas, tinggal kita semua yang ada di ruangan ini, karena tidak mudah menyakinkan Menteri Pertanian dan tentunya Menteri Pendidikan untuk memberikan lisensi Polbangtan Banjarbaru, jadi ini tergantung keseriusan dan kebulatan tekat kita mendirikan Polbangtan”, Lanjutnya.


Terkait peluang pendirian Polbangtan di Banjarbaru, Dedi Nursyamsi menyampaikan, “Polbangtan Banjarbaru yang kita impikan adalah salah satu pendidikan vokasi berbasis lahan rawa, sebab kita memiliki 34,1 juta hektar lahan rawa di Indonesia, yang berpotensi untuk menjadi lahan pertanian 20 juta hektar, yang siap sekarang ada 10 juta hektar, dan Provinsi yang paling potensial untuk pengembangan lahan rawa adalah Kalimantan Selatan”, Ungkapnya.


Mengakhiri arahan, Kepala Badan BPPSDMP Kementan, mengharapkan, “Oleh karena itu mari kita sama-sama bergerak, melangkah, berjuang untuk membangun Polbangtan di Banjarbaru ini, untuk menghasilkan berbagai komoditas tanaman pangan, ternak, hortikultura, perkebunan berbasis lahan rawa dan tentunya juga mendukung program Food Estate”, Pungkasnya.


Dikembangkan menjadi kampus, Kepala SMK-PP Banjarbaru, Budi Santoso juga menjelaskan Polbangtan Banjarbaru akan memulai proses penerimaan mahasiswa baru pada tahun ajaran 2021. Ada 3 Program Studi yang ditawarkan. Sebut saja, Budi Daya Hortikultura, Budi Daya Perkebunan, juga Teknologi Pengolahan Hasil. Semua Program Studi (Prodi) yang dikembangkan Polbangtan Banjarbaru tetap berbasis lahan gambut/rawa.


“Silahkan bergabung di Polbangtan Banjarbaru tahun depan. Kampus ini memiliki masa depan cerah, apalagi lahan pertanian di Kalsel sangat menjanjikan. Program studi yang ditawarkan semuanya tetap adaptif terhadap lahan gambut/rawa,” tegas Budi.(wd)


Tim Humas SMK-PP N Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas