- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SELAMAT HARI JADI KE-65 TAHUN SMK-PP (SPMA/SPP) N BANJARBARU (1 NOVEMBER 2020) -- SELAMAT HARI AIDS SEDUNIA (1 DESEMBER 2020) "Global Solidarity, Shared Responsibility" -- SELAMAT HARI KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (29 NOVEMBER 2020) "Korpri Berkontribusi Melayani dan Mempersatukan Bangsa" -- SMK-PP N BANJARBARU TETAP BUKA PELAYANAN TERBATAS, SENIN SD JUMAT (08.00 SD 14.30) -- -

30 ALUMNI & MAHASISWA TERJUN DI BPP LOKASI FOOD ESTATE, KALTENG

Tanggal : 10/21/2020, 10:32:44, dibaca 66 kali.

Banjarbaru, - Rombongan yang terdiri dari 30 (Tiga Puluh) Alumni & Mahasiswa dan di dampingi penanggung jawab dari tim SMK-PP N Banjarbaru (sebagai perwakilan Pusat pedidikan Pertanian) dan juga dari Tim Pusat Penyuluhan Pertanian dan di bantu oleh Tim Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, langsung berkunjung dan berkoordinasi di tiap BPP yang dimulai Kamis, (15/10) sampai Jumat, (16/10).


Terjun langsung ke lapangan ini dilakukan di 16 Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan yang menjadi lokasi food estate di kedua Kabupaten di Kalimantan Tengah tersebut.


30 Mahasiswa dan Alumni yang berasal dari Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan Perguruan Tinggi Negeri Mitra ditugaskan di lokasi Food Estate yang terbagi di dua Kabupaten. Yakni Kabupaten Kapuas sebanyak 15 orang dan Kabupaten Pulang Pisau sebanyak 15 orang.


Salah satu Alumni & Mahasiswa di kegiatan pendampingan Food Estate ini, Syarul Ramadhan yang merupakan alumni Polbangtan Magelang siap terjun ke lapangan, “Saya siap menyukseskan program Food Estate, yang dalam tugasnya turun langsung ke lapangan mendampingi petani atau kelompok petani yang nantinya menuju ke korporasi petani”, Ungkapnya, Kamis, (15/10).


Alumni & Mahasiswa lainnya, Sumardyan Wisnu, pendamping di BPP Kecamatan Kapuas Murung, Kab. Kapuas, “Kunjungan ke Kapuas Murung dalam rangka koordinasi dengan pihak BPP dan sekaligus menjalin hubungan baik dan kerja sama untuk mensukseskan Program Food Estate”, Ujarnya, Jumat, (16/10).


Wisnu yang merupakan alumni Universitas Palangka Raya ini menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk membantu untuk membangun kelembagaan petani salah satunya yaitu koperasi, yang nanti kedepannya akan menjadi Korporasi. Lanjut Wisnu, “Petani kedepannya diharapkan bisa menciptakan lumbung pangan, tidak hanya untuk daerah tersebut melainkan dalam skala Nasional”, Tambahnya.


Sebab kegiatan diatas sesuai arahan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menyatakan jajarannya siap bekerja maksimal untuk Food Estate, salah satunya di Kalimantan Tengah dengan mengawal dan mendampingi SDM Pertanian mendukung korporasi petani. “Kita akan memastikan pendampingan terhadap petani di lokasi Food Estate berjalan maksimal, Khususnya dalam hal korporasi petani,” Katanya.


Maka, salah satu upaya yang dilakukann BPPSDMP adalah dengan menerjunkan Mahasiswa dan Alumni yang direkrut oleh Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Banjarbaru beberapa waktu lalu.


Perlu diketahui bahwa Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) memaparkan program Food Estate ini sangat bagus secara ekonomi, “Food Estate akan menjadi sentra ekonomi baru bagi Kalteng bahkan Indonesia. Aktivitas pertanian dilakukan komprehensif dengan basis korporasi. Komoditasnya sangat beragam dengan value ekonomi besar. Intinya, Food Estate akan terus mendongkrak perekonomian masyarakat selain lumbung pangan nasional,” papar Menteri SYL.(wd)


Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas