- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SELAMAT HARI JADI KE-65 TAHUN SMK-PP (SPMA/SPP) N BANJARBARU (1 NOVEMBER 2020) -- SELAMAT HARI AIDS SEDUNIA (1 DESEMBER 2020) "Global Solidarity, Shared Responsibility" -- SELAMAT HARI KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (29 NOVEMBER 2020) "Korpri Berkontribusi Melayani dan Mempersatukan Bangsa" -- SMK-PP N BANJARBARU TETAP BUKA PELAYANAN TERBATAS, SENIN SD JUMAT (08.00 SD 14.30) -- -

DAMPINGI KEGIATAN BPP MODEL KOSTRATANI, TANAM PADI

Tanggal : 11/13/2020, 15:14:24, dibaca 58 kali.

Banjar, - Kali ini Tim SMK-PP Negeri Banjarbaru mengadakan kunjungan ke salah satu Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang menjadi model Kostratani di wilayah BPP Model Karang Intan di Desa Abiral, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, (9/11).

Salah satu tim SMK-PP N Banjarbaru yang hadir di kegiatan itu, Rizky Amalia, menjelaskan bahwa Tim SMK-PP N Banjarbaru melakukan pendampingan dengan melakukan tanam padi gogo varietas Lokal “buyung” yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani Berkat Maju Bersama.

Menurut Rizky Amalia, luas lahan yang di tanami seluas 2 hektar yang dilakukan secara gotong royong yang dihadiri Retno Sri Murwani Kepala BIdang Penyuluhan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Kab. Banjar, Babinsa, Penyuluh Pertanian Kec. Karang Intan dan tentunya Tim SMK-PP N Banjarbaru.

Lanjut Rizky Amalia, “Monitoring terhadap kegiatan-kegiatan dari BPP Model Kostratani dan juga sebagai bentuk dari partisipsi kita sebagai pendamping dan juga memberikan motivasi dan semangat bagi penyuluh dan petani yang ada dalam kegiatan BPP Model Kostratani dari SMKPP N Banjarbaru ini”, jelasnya.

Kegiatan ini nantinya akan terus dilakaukan oleh tim SMK-PP Negeri Banjarbaru dengan mendampingi BPP, terutama 2 (dua) BPP Model Kostratani, dimana SMK-PP N Banjarbaru mendapat mandat dari BPPSDMP sebagai Penangung Jawab Komando Strategis Pembangunan Pertanian Lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, untuk Wilayah Kalimantan Selatan, Tengah, dan Timur.

Kegiatan diatas sesuai arahan dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang terus menggalakan program Komando Strategis Pertanian (Kostratani) untuk mengoptimalkan tugas, fungsi dan peran BPP dalam menggerakkan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan.

Sebab, KostraTani yang digagas Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo berfungsi sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis dan pusat pengembangan jejaring dan kemitraan.

Ditambahkan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi yang menyatakan bahwa Kostratani akan menjadikan BPP sebagai pusat pembangunan pertanian yang melibatkan seluruh pelaku pertanian yang ada di kecamatan.

Dedi mengungkapkan, Kostratani akan menjadikan BPP sebagai pusat pembangunan pertanian yang melibatkan seluruh pelaku pertanian yang ada di Kecamatan. Kostratani berbasis teknologi dengan dukungan big data memiliki skala besar. Mengingat data pertanian nasional begitu besar dan kompleks.(RA/wd)


Tim Humas SMK=PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas