- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SELAMAT HARI JADI KE-65 TAHUN SMK-PP (SPMA/SPP) N BANJARBARU (1 NOVEMBER 2020) -- SELAMAT HARI AIDS SEDUNIA (1 DESEMBER 2020) "Global Solidarity, Shared Responsibility" -- SELAMAT HARI KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (29 NOVEMBER 2020) "Korpri Berkontribusi Melayani dan Mempersatukan Bangsa" -- SMK-PP N BANJARBARU TETAP BUKA PELAYANAN TERBATAS, SENIN SD JUMAT (08.00 SD 14.30) -- -

SEKOLAH LAKUKAN SWAB ANTIGEN BAGI PEGAWAI

Tanggal : 11/16/2020, 11:47:35, dibaca 67 kali.

Banjarbaru, - Setelah melakukan rapid test 14 hari yang lalu, SMK-PP Negeri Banjarbaru kembali mengadakan rangkaian pemeriksaan terkait pandemic Covid-19 dengan melakukan Swab Antigen bagi seluruh pegawai yang dilakukan pada senin (16/11/2020).


Pelaksanaan Swab Test kali ini bekerjasama dengan Rumah Sakit TNI-AU Tk. IV Syamsudin Noor Banjarbaru, yang diikuti oleh ASN dan THL SMK-PP N Banjarbaru. Secara bergantian mereka mengikuti tahapan swab dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang dilakukan di depan ruang rapat SMK-PP Negeri Banjarbaru.


Salah satu petugas Swab dari Rumah Sakit TNI-AU, Maya, menjelaskan bahwa Swab Antigen atau yang lebih dikenal dengan Rapid Test Antigen ini adalah tes diagnostik cepat Covid-19 yang dilakukan untuk mendeteksi keberadaan antigen virus Covid-19 pada sampel yang berasal dari saluran pernapasan.


“Jadi, proses Swab Antigen ini dengan cara mengambil sampel dari saluran pernafasan. Berbeda dengan rapid test pada umumnya yang dilakukan dengan cara mengambil sampel darah yaitu Rapid Test Antibodi.” Kata Maya


Maya menambahkan, antigen akan terdeteksi ketika virus aktif bereplikasi. Dan swab antigen ini memiliki tingkat keakuratan sebesar 85%, yang artinya lebih baik dari pada Rapid Test Antibodi.


Lebih lanjut terkait Swab test, Kepala Sekolah SMK-PP N Banjarbaru, Budi Santosa menjelaskan, “ini adalah salah satu upaya dari pihak manajemen SMK-PP Negeri Banjarbaru untuk mencegah penyebaran covid-19. Dan ini adalah rapid test kedua setelah 14 (empat belas) hari yang lalu kita sudah melakukan kegiatan Rapid Test Antibodi”, Jelasnya.


Lanjutnya, berharap dan mengimbau agar para pegawai tetap menerapkan protokol Kesehatan serta menjaga kondisi tubuh agar bisa mengurangi resiko terpapar covid-19. Sehingga para pegawai tetap produktif dalam bekerja.


Untuk update informasi yang diperoleh dari Rumah Sakit TNI-AU Tk. IV Syamsudin Noor Banjarbaru menyatakan bahwa hasil pemeriksaan menyatakan semua sampel yang ada memperlihatkan hasil non-reaktif alias negatif semua.


Hal serupa pernah disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi dalam Ngobrol Asyik (Ngobras) Penyuluhan Volume 2, Selasa (09/06) dengan tema ‘Tatanan Normal Baru Sektor Pertanian yang Produktif dan Aman Covid’.


“Hal terpenting dalam kondisi seperti ini adalah sehat. Petani harus sehat, penyuluh harus sehat, SDM harus sehat. Kalau semua sehat, produktivitas dipastikan berjalan baik, dan pangan dipastikan aman,” tutur Dedi Nursyamsi. 


Secara keseluruhan, Kementan akan terus mengoptimalkan sumber daya manusia (SDM) pertanian untuk menggenjot produksi dan produktivitas, bahkan ekspor. Hal ini senada dengan imbauan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo agar produksi pertanian tetap berjalan. (TM/wd)


Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas