- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SELAMAT HARI JADI KE-65 TAHUN SMK-PP (SPMA/SPP) N BANJARBARU (1 NOVEMBER 2020) -- SELAMAT HARI GIZI NASIONAL (25 JANUARI 2021) "Gizi Seimbang, Remaja Sehat, lndonesia Kuat" -- SMK-PP N BANJARBARU TETAP BUKA PELAYANAN TERBATAS, SENIN SD JUMAT (08.00 SD 14.30) -- -

Pencarian
Waktu saat ini
Pelayanan
PPID SPPNBANJARBARU
Pelayanan Publik
E-Online
Layanan Aspirasi & PengaduaanE-Publikasi KementanSatu Layanan KementanMenu DownloadE-Library SMK-PP N BanjarbaruInfografis
Agenda
26 January 2021
M
S
S
R
K
J
S
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6

EVENT EXHIBITION KOPI, PERLUAS JARINGAN PWMP KKK

Tanggal : 12/22/2020, 13:01:24, dibaca 111 kali.

Banjarbaru, - Dewasa ini kopi menjadi primadona bagi masyarakat. Sebab kopi sekarang telah diracik dan di olah dengan berbagai macam dan rasa. Maka dari itu Kelompok Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) membuat usaha di bidang usaha  Pengolahan Kopi, Kakao atau disebut sebagai Klaster Kopi Kakao (KKK) di bawah Program Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan SMK PP Negeri Banjarbaru.


Seiring dengan hal itu, di Q mall Banjarbaru sedang diadakan event exhibition "Bakumpul Kupi", Selama 3 hari, 18-20 Desember 2020, Event tentang usaha kopi ini mereka ikuti untuk mencoba peluang ini untuk lebih memperluas jaringan pasar bagi para penikmat kopi dan coklat.


Dengan memperkenalkan merek Van Pijl yang merupakan salah satu merk produk olahan kopi dari kelompok PWMP yang disuguhkan dalam acara ini, sedangkan untuk olahan coklat, produk dengan merk Juffrow Marr disajikan dengan metode "artisan chocolatiere".


Rahma Fitriani Darmaningtyas, pembimbing PWMP Klaster Kopi Kakao menjelaskan, “Event ini pertama kali diikuti oleh Kluster Kopi Kakao PWMP YESS di tahun 2020 ini setelah proses seleksi dan penyusunan business plan selesai”, Ujarnya.


Lanjut Rahma menjelaskan, pengolahan kopi primer (roasting) dengan nama Van der Pijl ini terdiri dari:  Pengolahan kopi siap minum dengan nama Van Pijl, Pengolahan coklat primer dengan nama Marijke Kokoa Molen Station, Pengolahan coklat siap makan (Juffrouw Marr), Packaging dengan nama UPA Sustainable Packaging, Marketing dengan nama Appam Hills, dan Pengolahan pupuk organik dengan nama Shankara dan Erfolg.


Lanjut Rahma, “Dengan siswa siswi aktif dalam berwirausaha seperti ini, dan aktif mengikuti event seperti ini diharapkan ilmu, pengalaman , dan jejaring siswa -siswi ini semakin meluas sehingga nanti ketika lulus tdk hanya siap dan terampil sebagai pekerja (Job Seeker) tetapi juga siap sebagai job creator (sesuai dengan visi misi Kementerian Pertanian khususnya Badan PPSDMP)”, Ungkapnya.


Keikutsertaan Klaster Kopi Kakao dari siswa-siswi SMKPP N Banjarbaru untuk mencoba peluang ini untuk lebih memperluas jaringan pasar bagi para penikmat kopi dan coklat. Sebab, acara ini diikuti oleh berbagai  Coffee Shop yang ada di area Banjarbaru, seperti Langit Biru, Garis Kota, Balai Kota, Academy Kopi, dan masih banyak lagi lainnya.


Kegiatan diatas seperti dijelaskan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi, dibutuhkan sekelompok anak muda yang memiliki loyalitas dan integritas tinggi untuk memajukan pertanian Indonesia.


Apalagi Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo berulang kali mengatakan bahwa tongkat estafet pembangunan pertanian ada pada pundak generasi muda, melalui PWMP diharapkan bisa mencetak generasi milenial menjadi seorang petani atau mendirikan start up di bidang pertanian.(WD/rd)


Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas