- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- Selamat Hari Air Sedunia (World Water Day) 22 Maret 2021 -- SELAMAT ATAS HASIL KOMPETEN DI USP 2021, KEPADA 112 SISWA KELAS XII TP. 2020/2021 -- SMK-PP N BANJARBARU TETAP BUKA PELAYANAN TERBATAS, SENIN SD JUMAT (08.00 SD 14.30) -- -

BIMTEK KEDUA BAGI PETANI & PENYULUH DI BERAU

Tanggal : 03/31/2021, 08:12:52, dibaca 61 kali.

Kapuas, -  Kembali lagi  SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT), Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian menggelar Bimbingan Teknis bagi Petani dan Penyuluh di wilayah Kalimantan Timur.


Bimtek kerjasama antara Kementerian Pertanian dengan Komisi IV DPR-RI ini dalam rangka Peningkatan Kapasitas bagi Petani dan Penyuluh Pertanian kali ini di gelar di Kab Berau, Kalimantan Timur, tepatnya di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Gunung Tabur, Kamis (25/3/2021),


Kali ini jumlah peserta berjumlah 40 orang yang terdiri dari Penyuluh, Petani, Poktan, Gapoktan, petani milenial dan Koordinator Penyuluh dimana mereka diberikan materi tentang budidaya cabai.


Hendro Wardono, Koordinator BPP Gunung Tabur, sangat berterimakasih dengan adanya bimtek seperti ini ilmu dan materi yang diberikan dapat membantu petani dan penyuluh dalam melakukan kegiatan pertanian, dan semoga kedepan di adakan lagi.


Selain itu salah satu peserta Gapusara, petani dari Kelompok Tani Makasam 1, sangat antusias mengikuti bimtek ini dan nantinya alat-alat yang dijanjikan segera terealisasi sehingga petani terbantu dalam kegiatan pertanian kedepannya.


Di tempat terpisah Kepala SMK-PP N Banjarbaru, Budi Santoso menjelaskan "Tujuan Bimtek ini untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas petani dalam berusahatani sehingga kesejahteraannya dapat meningkat dan meningkatkan kemampuan dan kapasitas penyuluh pertanian dalam transfer teknologi kepada petani sehingga dapat bekerja secara profesional, mandiri, mampu bersaing dan berwawasan global", Jelasnya.


Selain itu bimtek ini juga untuk mendukung peran program Komando Strategi Pembagunan Pertanian (Kostratani) dalam upaya mendukung pembangunan pertanian di Indonesia. Karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) memperkuat peran Kostratani sebagai Pusat Gerakan Pembangunan Pertanian Nasional.


Sebab, Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, sangat menaruh perhatian terhadap penyuluh, peran penyuluh amat penting bagi dunia pertanian Indonesia khusunya melalui Kostratani. Dedi menyebut penyuluh sebagai agen perubahan peradaban pertanian.


"Penyuluh ini agen perubahan peradaban pertanian. Kalau peradaban pertanian kita berubah, itu dipastikan berkat peran dari penyuluh," Ujar Dedi Nursyamsi.


Selain itu, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo juga menegaskan pentingnya pemanfaatan kostratani sebagai garda terdepan penyuluh di kecamatan. Menurutnya, sektor pertanian harus dibangun mulai dari bawah. tuturnya.(wd)


Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas