Tanggal : 05/17/2022, 10:45:24, dibaca 1462 kali.

UPACARA HARI KESADARAN NASIONAL, MEI 2022


Banjarbaru, - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, semua sila dalam Pancasila melekat pada peran pertanian bagi bangsa Indonesia. Atas dasar itu, ia meminta seluruh jajarannya untuk terus berpihak dan berorientasi terhadap kesejahteraan petani.


"Kementan turut andil menjaga nilai Pancasila dengan menjalankan tugas dan fungsinya dalam membangun sektor pertanian," terang dia saat memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara daring dan luring di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan), Jumat (1/10/2021).


Menurut dia, sudah menjadi kewajiban Kementan untuk menyejahterakan petani dan rakyat. Sebab, Indonesia merupakan negara keempat terbesar di dunia. "Ada 237 juta jiwa yang harus kita urus dan itu tidak gampang sehingga harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” tuturnya. Selain itu, sebut SYL, pada sektor pertanian, terdapat kemanusiaan yang adil dan beradab.


Rakyat Indonesia tidak boleh kesulitan dalam memenuhi pangan karena pangan berkaitan erat dengan kesehatan dan ekonomi,” katanya. Lebih lanjut, ia ingin nilai-nilai luhur Pancasila yang selama ini tertanam pada sektor pertanian terus diperkuat. “Tidak ada yang mudah. Namun, kalau kita yakin yang kita lakukan atas nama iman dan kebangsaan serta kemaslahatan seluruh rakyat Indonesia, maka keutuhan negara dan bangsa akan terwujud,” ujarnya.


Sementara itu Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi menyampaikan, kondisi Covid-19 saat ini menguji pertanian kita, bahwa sejauh mana pertanian dapat menunjang bangsa kita, “Karena kita adalah negara yang kuat dan tidak tertinggal,“ ucapnya.


Maka dari itu guna menerapkan Pancasila dan memupuk jiwa kebangsaan, menggelar upacara hari kesadaran nasional pada senin, (17/5/2022), yang bertempat di halaman kampus upacara SMK-PP Negeri Banjarbaru.


Pelaksanaan upacara bendera ini sendiri, dilaksanakan dengan menerapkan protocol Kesehatan dengan menggunakan masker dikarenakan kondisi pandemic covid-19 di Indonesia belum berakhir.


Kali ini yang bertugas menjadi pembina upacara ialah Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Industri SMK-PPN Banjarbaru, Slamet Riadi, menggantikan Kepala SMK-PP N Banjarbaru yang sedang dinas luar.


Di amanatnya Slamet mengingatkan kepada siswa untuk mejaga kebersihan dan menerapkan protocol Kesehatan karena kita masih di kondisi pandemic covid-19, dan juga dewasa ini ada kasus hepatitis akut yang menyerang anak umur 1 sd 17 tahun.


Selain itu Wakasek Humas dan Industri ini berpesan agar dapat memanfaatkan pembelajaran tatap muka semaksimal mungkin, karena  siswa akan melaksanakan ujian semester genap untuk kenaikan kelas nanti.


Tim Ekpos SMK-PP Negeri Banjarbaru