Tanggal : 03/29/2016, 08:47:37, dibaca 2834 kali.

PENYERAHAN BANTUAN & TEMU LAPANG: GERPATA SAHARI DI HSS


HSS, (24/3/16) Pada kesempatan kali ini SMK-PP N Banjarbaru melaksanakan penyerahan bantuan sarana dan prasarana produksi (saprodi) di Desa. Gambah Dalam Barat, Kecamatan. Kandangan, Kabupaten. Hulu Sungai Utara (HSS). Pada kesempatan tersebut juga bersamaan dilaksanakannya kegiatan temu lapang: gerakan panen tanam satu hari  (Gerpata Sahari) penangkaran padi yang dilaksanakan oleh dinas pertanian setempat.

Kegiatan temu lapang: gerpata sahari dan penyerahan bantuan saprodi SMK-PP N Banjarbaru tersebut dihadiri oleh Bupati HSS Bapak Ahmad Fikri. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wakil dari Direktorat Pembenihan Tanaman Pangan Ibu Indri Setiani, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan Bapak Kusmaryono, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura HSS Bapak Faturahman, Kepala Dinas Penyuluhan dan Ketahanan Pangan HSS Bapak Badurahman, Kepala BP3K Kecamatan Kandangan, Kepala Dandim 1003 Bapak Kayanto, Camat Kecamatan Kandangan , Kepala Koramil dan tentunya Kepala Sekolah SMK-PP N Banjarbaru Bapak Suherman serta Kepala Tata Usaha SMK-PP N Banjarbaru Bapak Amali Syarifudin.

Pada kesempatan tersebut yang menjadi tempat acara ialah Kelompok Tani Budi Bakti yang dipimpin oleh Bapak Budi Sucipto. Pada kegiatan temu lapang sehari tersebut dilakasanakan kegiatan-kegiatan seperti panen padi, menanam padi yang kesemuanya menggunakan alat mesin pertanian (Alsintan). Disamping panen dan penanaman padi juga dilaksanakan kegiatan pertemuan , diskusi, peresmian gudang, tempat jemur, mesin perontok, hand traktor dan tentunya penyerahan bantuan oleh SMK-PP N Banjarbaru.

Kegiatan tersebut juga dilaksanakannya praktek lapangan bagi siswa-siswi SMK-PP N Banjarbaru. Pada kesempatan itu sebanyak 15 siswa kelas X dari Program keahlian TPH dan Kultur Jaringan serta 11 siswa kelas XI yang sedang melaksanakan PKU/Magang di Wilayah BP3K Kec. Kandangan ikut berpartisipasi di kegiatan Gepata Sahari tersebut.

Penyerahan bantuan saprodi dari SMK-PP N Banjarbaru dilaksanakan oleh Kepala Sekolah SMK-PP N Banjarbaru Bapak Suherman. Bantuan saprodi tersebut berupa Benih padi, Benih Lombok, Pupuk, Racun tikus dan pestisida. Kelompok tani yang mendapatkan bantuan saprodi di HSS berjumlah 4 Kelompok tani diantaranya Kelompok tani Budi Bakti selaku tuan rumah acara tersebut.

Menurut pernyataan dari ketua kelompok tani Budi Bakti Bapak Budi Sucipto, bantuan dari SMK-PP N Banjarbaru membuat semacam kegembiraan dan memotivasi para petani untuk bekerja serta menjadi pembanding dengan kelompok tani yang tidak mendapatkan bantuan. Disampaing itu juga Bapak Budi mengharapkan agar kedepannya bantuan dikoordinasikan dan di tambah serta tetap berlangsung di tahun kedepannya.

Malalui pernyataannya, penyuluh Desa Gambah Dalam Barat Bapak Sugeng menyatakan bahwa kegiatan dari SMK-PP N Banjarbaru ini sangat bermanfaat dan tetap dilanjutkan di tahun selajutnya. Sebab menurut Bapak Sugeng BP3K Kecamatan Kandangan selalu siap menerima bantuan untuk meningkatkan produksi pertanian ditempatnya.

Tidak lupa pada kesempatan tersebut Bupati HSS Bapak Ahmad Fikri juga mengucapkan rasa terima kasih atas bantuan dari SMK-PP N Banjarbaru. Bupati HSS juga menyatakan silakan memberikan bantuan khususnya di bidang pertanian terutama untuk meningkatkan produksi serta kesejahteraan bagi petani di HSS.

Kepala Sekolah SMK-PP N Banjarbaru Bapak Suherman juga menyatakan rasa terima kasih dilibatkan dalam panen raya ini serta dapat melanjutkan kerjasama di tahun depan. Kepala sekolah juga menyatakan semoga bantuan ini bermanfaat dalam meningkatan produksi sehingga terwujudnya kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani. (WD)

Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru