Tanggal : 10/03/2017, 14:31:24, dibaca 2522 kali.

PENUTUPAN PELATIHAN KEAHLIAN GANDA IN 2, TAHUN 2017


Banjarbaru, (3/10/17) Setelah kurang lebih sebulan (3 September sd 2 Oktober 2017) mengikuti pelatihan keahlian ganda IN 2 di SMK-PP Negeri Banjarbaru, maka tiba waktunya para peserta akan kembali ke sekolah masing-masing untuk menerapkan ilmu yang di dapat dari pelatihan tersebut. Para peserta yang awalnya berjumlah 39 orang pada akhirnya yang mengikuti pelatihan In 2 hanya sekitar 29 orang saja, dikarena berbagai hal para peserta tidak bisa mengikutinya samapi tahap In 2.


Perlu diketahui bahwa ini merupakan kerjasama SMK-PP N Banjarbaru dengan Kemendikbud, dalam hal ini P4TK Cianjur, Jawa Barat. Pada pelatihan tersebut SMK-PP N Banjarbaru mendapatkan jatah untuk melatih 2 bidang keahlian agribisnis yaitu diantaranya Agribisnis Perkebunan dan Agribisnis Tanaman Pangan & hortikultura.


Senin, 2 Oktober 2017 tibalah para peserta pada akhir pelatihan, dimana mereka selama sebulan dimatangkan kembali ilmu-ilmu tentang pertanian, disamping itu pula mereka harus menyusun dan membuat laporan dalam pelatihan ini. Pada awal dan akhir pelatihan tersebut para peserta wajib melaksanakan test berbasis komputer. Di awal mereka melakukan post test dan terakhir mereka melakukan test, untuk menilai seberapa besar pengetahuan mereaka setelah melaksanakan pelatihan tersebut.


Pada akhirnya pada pukul 09.00 wita, acara penutupan pelatihan keahlian ganda IN 2 dilaksanakan. Penutupan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SMK-PP N Banjarbaru (Bapak Suherman), Kepala Bidang Program P4TK Cianjur (Bapak Soni Suseno), panitia dan tentunya para peserta yang berjumlah 29 orang. 


Pada kesempatan tersebut Kepala Sekolah SMK-PP N Banjarbaru menyampaikan,"Selamat bagi para peserta pelatihan ganda, semoga selama menempuh pelatihan di SMK-PP N Banjarbaru mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan apabila ada kekurangan dengan pelayanan dari kami, saya ucapkan mohon maaf".


Senada dengan Kepala Sekolah, Kepala Bidang Program P4TK Cianjur menyatakan,"Sesungguhnya pelatihan keahlian ganda adalah di sini, karena sesuai dengan bidang yang diambil dan langsung praktek sesuai dengan kenyataan (pertanian), maka tunjukkan keahlian bapak setelah lulus pelatihan ini". Kata Bapak Soni Suseno.


Kembali kebelakang, pelatihan keahlian ganda ini Ada lima tahap yang akan dijalani peserta Program Keahlian Ganda, yaitu ON-1, IN-1, ON-2, IN-2, dan magang kerja industri. Di tahap ON-1, selama 12 minggu peserta akan diberikan materi pengenalan dasar kompetensi kejuruan, dan belajar mandiri dengan modul. Pada tahap IN-1, selama delapan minggu peserta akan diberi materi penyusunan perangkat pembelajaran dan penguatan materi melalui modul.


Lalu pada tahap ON-2, selama 12 minggu peserta akan magang mengajar sebagai guru produktif di kelas (SMK), dan di bengkel atau laboratorium, sekaligus belajar mandiri melalui modul. Kemudian selama dua minggu di tahap IN-2, peserta akan menerima penguatan materi, penajaman kompetensi keahlian dan uji kompetensi oleh LSP. Terakhir, peserta akan menjalani magang kerja di industri selama dua bulan.(WD)

 Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru