Tanggal : 11/07/2018, 14:42:12, dibaca 2544 kali.

VISITASI KELOMPOK RIN ORCHID, DALAM LOMBA PWMP TAHAP PEMANDIRIAN 2018


Banjarbaru, (7/11/2018) Setelah dilaksanakan presentasi terhadap 8 kelompok Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) tahap pemandirian pada tanggal 27 sd 28 Oktober 2018 di Bogor, setelahnya adalah pengumuman 5 peserta terbaik.


Pada pengumuman 5 peserta terbaik tersebut terdapat salah satu wakil dari alumni SMK PP N Banjarbaru TP. 2017/2018, yaitu Kelompok PWMP Rin Orchid, yang berkecimpung di usaha tanaman hias anggrek.


5 peserta terbaik tersebut kemudian akan mendapatkan kunjungan (visitasi) oleh tim penilai. Wakil dari SMK PP N Banjarbaru, kelompok Rin Orchid mendapatkan kunjungan pada hari rabu, 7 November 2018.


Tim penilai ini berasal dari independen yang di pilih oleh panitia PWMP Kementerian Pertanian. Penilai untuk SMK PP N Banjarbaru kali ini berasal dari salah satu Dosen dari Universitas Brawijaya Malang, yaitu Sujarwo.


“Setiap peserta PWMP akan di evaluasi performance bisnisnya dari dana yang telah dihibahkan kepada unit usaha yang ditunjuk,salah satunya dari SMK PP N Banjarbaru ini telah mendapatkan top 5 dalam nominasi penghargaan PWMP Kementerian Pertanian”, Kata penilai.


Kelompok PWMP Rin Orchid yang terdiri dari Risma Mutia, M. Iqbal dan Nyke Pebry DLS ini kemudian melaksanakan presentasi di depan tim penilai di Lab. Kultur Jaringan SMK PP N Banjarbaru.


Selain presentasi, mereka juga harus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh penilai, “Yang di evaluasi kali ini adalah performace bisnisnya, kemitraan yang telah dijalin, perkembangan modalnya dan juga upaya-upaya kedepan untuk memajukan bisnisnya atau tahap keberlanjutan dari bisnisnya ini”, Ujar Sujarwo.


Setelah melakukan presentasi dan tanya jawab tim penilai melaksanakan kunjungan ke unit produksi kelompok Rin Orchid. Tim penilai melihat secara langsung proses budidaya tanaman anggrek yang mereka kembangkan.


Masuknya kelompok Rin Orchid di 5 besar ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi mereka, “Kami sangat bangga dan senang luar biasa karena kami tidak menyangka kalau kami akan menjadi Top 5 dari banyaknya kelompok PWMP yang dinaungi oleh Kementerian Pertanian”, Ungkap Nyke Pebri DLS.


“Semoga kami bisa mewujudkan visi dan misi kami yaitu untuk lebih maju kedepannya dan kami bisa menjadi distributor dan produsen anggrek khususnya Kalimantan dan kami bisa menutupi semua kebutuhan anggrek di pasar Kalimantan dan bisa menjadi motivasi untuk rekan-rekan yang lain sebagai petani muda Indonesia”, Tambah Nyke Pebri DLS.


Setelah tim penilai melakukan kunjungan ke kelompok 5 besar, nantinya mereka akan di undang untuk menghadiri pemberian penghargaan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, serta akan di umumkan juga juara (PWMP) tahap pemandirian ini. (WD)


Humas SMKPP Negeri Banjarbaru