Tanggal : 01/16/2019, 06:51:47, dibaca 2149 kali.

DANI JERUK, ALUMNI SMK PERTANIAN BANJARBARU YANG SUKSES DIDUNIA AGRIBISNIS


Marabahan, (14/1/2019) - SMK Pertanian Pembangunan (PP) Negeri Banjarbaru adalah salah satu sekolah pertanian yang cukup lama berkiprah dibidang pendidikan pertanian.


Saat ini lulusan sudah menyebar ke seluruh wilayah Kalimantan, bahkan ada yang sudah sukses menjadi pengusaha dibidang pertanian.


Beberapa waktu yang lalu Tim Humas  SMK-PP Banjarbaru berkesempatan mengunjungi salah satu alumninya yang sudah sukses di bidang budidaya bibit jeruk. 


Kali ini dari SMK-PPN Banjarbaru Tim Humas yang diwakili oleh Slamet Riadi, S.Pi, berkesempatan menemui salah satu petani millenial yang ada di Kalimantan Selatan, tepatnya di Desa Kambat, Kecamatan Cerebon, Kabupaten Barito Kuala.


Sosok yang akrab disapa “Dani Jeruk” ini memiliki nama lengkap Umar Dani.  Dia adalah Lulusan SMK PP Negeri Banjarbaru tahun 1999.


Ketertarikannya terhadap pembibitan jeruk ini dimulai kala ikut serta dalam program magang kerja selama lebih kurang 2 bulan yg diadakan oleh sekolah.


Tidak hanya puas disitu, ia juga mengikuti training di Jepang pada tahun 2003. Dan sepulang dari Jepang, pada tahun 2004 mulai fokus terhadap tanaman jeruk, dari pembibitan hingga pemanenan jeruk.  


Sempat ditertawakan  masyarakat sekitar, Dani tidak patah semangat.  Hal itu justru ia jadikan motivasi untuk menekuni jeruk dan hingga sekarang.  Bahkan sekarang, warga sekitar membeli bibit darinya. 


Di lahan seluas lebih kurang 3 ha, Dani memproduksi bibit-bibit jeruk baru.   Bibit jeruk ini nantinya akan dipasarkan ke daerah-daerah yang ada di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.


Sedangkan buah jeruk hasil budidaya, dikirim ke pulau jawa. “Biasanya saya kirim ke Surabaya, Semarang, Yogyakarta, bahkan tidak jarang dikirim ke Jakarta Dan Bandung," ujarnya.


“Dulu, sebelum tahun 2003 saya pernah menggeluti usaha lain, tapi karna saya tidak fokus, dan saya tidak serius menggeluti dunia pertanian jeruk, penghasilan saya tidak menetap dan bisa dibilang tidak jelas. Tetapi semenjak saya melepas semua pekerjaan sampingan itu, dan mulai kembali fokus bertani jeruk, Alhamdulillah sekarang omset saya mencapai 20 juta per bulan," ungkapnya. 


Diakhir perbincangan, Dani berpesan, jika ingin sukses dalam satu bidang, jangan setengah-setengah.  Harus fokus dengan mindset yang benar.


Tim Pemberitaan SMKPP N Banjarbaru