Tanggal : 04/18/2019, 08:55:19, dibaca 2209 kali.

BIMTEK PPID UPT KEMENTAN SE KALSEL, KALTIM & KALTARA


Banjarbaru, (5/4/2018) – Dalam rangka pencapian target Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik  di Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Pertanian (Kementan), Maka PPID Utama di Sekretaris Jendral (Sekjen) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) selama 2 hari (4-5/4/2019).


Bimtek yang dilaksakan Balai Penelitian Lahan Rawa (Balittra) Banjarbaru, Kalsel ini diikuti oleh 11 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementan yang berada di wilayah Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.


Salah satu UPT yang hadir adalah SMKPP Negeri Banjarbaru, yang merupakan UPT di bawah eselon I, Badan Penyuluhan dan SDM Manusia Pertanian, Kementan. SMKPP N Banjarbaru mengirimkan 2 orang wakilnya Bimtek kali ini, yaitu Pranata Humas dan Pustakawan.


Bimtek PPID ini dibuka langsung oleh Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Sekretariat Jenderal, Kementan, Kuntoro Boga Andri.


Kabiro mengatakan, “Dengan adanya road show bimtek PIP diharapkan UK / UPT dapat lebih transparan dalam pengelolaan informasi publik di situs website dan media sosial sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi yang dibutuhkan”, Katanya.


Bimtek ini dilanjutkan dengan pengarahan dari tim PPID Utama, yang salah satunya Kepala Bagian Pengelolaan Informasi Publik yang juga bertindak sebagai moderator.


Kabag di Sekjen Kementan tersebut menyampaikan, “Betapa pentingnya kepedulian pimpinan terhadap keterbukaan informasi publik di setiap UK atau UPT untuk menerbitkan Daftar Informasi Publik yang nantinya diajukan ke PPID Utama agar dapat ditetapkan sebagai keputusan Menteri Pertanian tentang Daftar Informasi Publik Lingkup Kementerian Pertanian”, Ujarnya.


Pelaksanaan bimtek bagi UPT ini sebagai upaya dari PPID Utama Kementan untuk memacu setiap PPID Kementan di UPT menjadi Badan Publik Informatif, serta optimalisasi pelayanan informasi publik melalui portal PPID. (wd)


Pranata Humas SMKPP Negeri Banjarbaru