Tanggal : 04/08/2020, 09:41:04, dibaca 1989 kali.

PANEN LOBAK DI KONDISI WABAH COVID-19


Banjarbaru, – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengungkapkan di beberapa kesempatan bahwa sektor Pertanian merupakan salah satu sektor nonmigas yang bertahan dari berbagai gejolak dan ancaman krisis, sebab saat ini sektor pertanian menjadi harapan dan tulang punggung di tengah upaya Pemerintah dalam menanggulangi wabah Covid-19.


“Tanggung jawab menyediakan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia merupakan spirit bagi keluarga besar Kementerian Pertanian dan semua pelaku pembangunan pertanian”, ujar SYL. 


Terjadinya wabah covid-19 yang melanda Indonesia tidak menjadi halangan bagi Sekolah menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Banjarbaru untuk melakukan aktivitas bertani dan panen dengan tetap aktif menjalankan protokol kesehatan pencegahan dan penanganan virus Covid-19.


Arni, salah seolah guru pengampu mata pelajaran Budidaya Tanaman Sayur di SMK-PPN Banjarbaru menyebutkan kegiatan yang dijalankan masih aman. Saat keluar rumah, sebelum dan sesudah aktifitas di lahan, dirinya menggunakan masker. Sementara kebersihan diripun selalu di jaga, terutama rajin mencuci tangan.


Sehingga kegiatan panen dilahan tetap berjalan, salah satunya adalah tanaman sayuran lobak. Budidaya tamanan sayur lobak yang digawangi oleh Arni ini selalu sukses. Arni yang yang juga menjabat sebagai kepala instalasi kebun lahan praktik H. Idak SMKPP N Banjarbaru ini selalu optimis dan yakin dalam setiap kegiatan budidaya sayurnya akan mendapatkan hasil yang optimal jika dilakukan dengan sepenuh hati dan kasih sayang.


Hasil panen sayuran lobak ini telah ditunggu oleh para pelanggannya karena memang komoditas lobak ini sangat jarang dibudidayakan di Kalimantan Selatan, sehingga setiap kali panen lobak selalu habis diburu oleh pelanggannya.


Panen lobak yang di buru para pelanggan ini tentunya mengindikasikan bahwa pertanian tetap hidup di kondisi wabah covid-19 ini. Selain itu kegiatan panen tersebut juga menambah dikenalnya nama SMK-PP Negeri Banjarbaru di masyarakat, terutama oleh warga yang bertempat tinggal di sekitar lahan praktik SMK-PPN Banjarbaru.(tm/wd)


Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru