Tanggal : 06/02/2020, 08:30:01, dibaca 1932 kali.

SEDAP MALAM DISERBU PEMBELI SAAT LEBARAN


Banjarbaru, - Kementerian Pertanian di era Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang memberikan perhatian besar kepada pengembangan petani milenial, “Saya makin percaya anak muda yang mau terjun di bidang pertanian bisa punya peluang kehidupan dan ekonomi yang lebih baik”, Ujar Mentan.


Salah satu usaha produk pertanian petani milenial adalah hamparan  putih  bunga sedap malam yang berada di lahan praktek SMK-PP N Banjarbaru sungguh menyejukkan mata ketika melihatnya yang merupakan hasil budidaya tanaman hias dari Kompetensi Keahlian Agibisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura SMK PP N Banjarbaru.


Bunga sedap malam selama ini hanya kita jumpai pada daerah  sentra bunga potong di Pulau Jawa. Namun, berkat kerja keras siswa dibawah bimbingan guru SMK-PP N Banjarbaru, Umma Fatkhul Jannah dan Fofa Arofi sebagai guru mata pelajaran  produksi tanaman hias, bunga sedap malam dapat tumbuh dengan baik dan dapat dinikmati para pencinta bunga potong.


Karakteristik bunga sedap malam yang mengeluarkan aroma wangi saat menjelang malam dan keindahan bunga menjadi daya tarik sendiri. Tidak heran jika akhir Ramadhan dan pada saat hari raya bunga potong sedap malam diburu konsumen.


Salah satu pelanggan sedap malam adalah Eric dan istri yang merupakan salah satu pelanggan setia  hampir setiap minggu memesan sedap malam bahkan dia lebih suka memetik sendiri  dilahan.


“Alhamdulilah  suka sekali dengan  sedap  malam dari adik – adik SMK PP Banjarbaru  bahkan diberi bahan larutan peraga serta tips perawatannya”  Ungkap Rita Kuswilah salah satu pembeli sedap malam, saat ditemui saat panen.


Untuk konsumen yang ingin memesan bunga sedap malam ini dapat memesan melalui Instagram di alamat @tanamanhiassmkpp. Selain memesan lewat online mereka juga bisa memanen sendiri sedap malam di tempatnya.


Fofa menjelaskan bahwa, “Varietas sedap malam yang dibudidayakan adalah  varietas unggul Dian Arum dan sangat potensial untuk dikembangkan di Kalimantan Selatan”, Ujarnya.


“Ini adalah tahun ketiga bunga sedap malam dibudidayakan di lahan praktek dan alhamdulilah produksinya cukup baik rata-rata jumlah kuntum bunga mencapai 59 bahkan ada yang sampai  87 kuntum, dengan panjang tangkai  rata – rata 103 ±16  cm” imbuh Fofa Arofi.(fa/wd)


Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru