Tanggal : 03/23/2021, 12:51:43, dibaca 1633 kali.

GELAR UJIAN SEKOLAH BAGI KELAS XII


Banjarbaru, - Tidak terasa siswa kelas XII TP. 2020/2021 SMK-PP Negeri Banjarbaru sudah mengikuti Ujian Sekolah (US) sebagai salah satu penilaian bagi siswa untuk dapat lulus dari sekolah. US ini digelar secara daring atau online dikarenakan siswa masih melaksanakan pembelajaran via daring.

Ujian ini menggunakan google form dimana guru mapel bertugas menjadi Pengawas yang membagikan link soal, link daftar hadir dan mengisi link Berita Acara Ujian yang sudah disediakan panitia. Pengumpulan dan Pemeriksaan hasil ujian langsung dihandle oleh guru Mapel yang bersangkutan.


Wakasek Kurikulum SMK-PP N Banjarbaru, Airin Nurmarita memaparkan, pelaksanaan Ujian Sekolah SMK-PP Negeri Banjarbaru TP. 2020/2021 mengujikan 23 mata pelajaran yang dilaksanakan selama 7 hari, dimulai Senin, 15 maret sd Selasa, 23 Maret 2021.

Terkait Ujian Sekolah berbasis online untuk pertama kali ini, Airin Nurmarita menjelaskan, “Meski dalam kondisi pandemi COVID-19 ini, pelaksanaan Ujian Sekolah tetap dilaksanakan secara daring atau online untuk siswa kelas XII”, Jelasnya.

Lebih lanjut Airin memaparkan, “Ujian Sekolah ini bertujuan mengevaluasi dan mengukur sejauh mana proses pembelajaran yg telah dilaksanakan sesuai target yg diinginkan yaitu siswa menguasai ilmu pengetahuan yg telah diberikan dan US ini juga menjadi bahan evaluasi guru dan sekolah sejauh mana materi yang diberikan dapat dipahami dan diterima oleh siswa sbg peserta didik. Paparnya.

Lebih dari itu, “Sekolah juga berharap bahwa siswa terus mengembangkan ilmu dan pengetahuan nya menjawab tantangan zaman yg terus berkembang dengan tidak meninggalkan akhlak, perilaku dan sikap yang menjadi karakter bangsa yg berbudi”, Pungkas Airin.

Ujian Sekolah kali ini diikuti oleh 112 orang siswa yang terdiri dari 3 Kompetensi Keahlian yang ada di SMK-PP N Banjarbaru, diantaranya 53 siswa Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP), 40 siswa Agribisnis Tanaman Pangan & Hortikultura (ATPH), dan 19 siswa Agribisnis Pengolahan Hasil (TPHP).

Setelah US ini selesai, siswa kelas XII ini akan bersiap untuk mendapatkan pembekalan dan pelaksanaan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) dan setelah selesai akan dilanjutkan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK).

Dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan “Pertanian adalah sektor yang sangat penting, terutama dalam menopang kemajuan ekonomi nasional dan menanamkan nilai perjuangan membangun pertanian maju, mandiri dan modern”, Ujarnya.

Ditambahkan Dedi Nursyamsi, untuk menjadi negara maju, hal utama yang perlu digenjot adalah SDM nya. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemantapan Pendidikan vokasi pertanian, mencetak lulusan yang berkualitas baik sebagai job seeker, job creator maupun pengusaha pertanian milenial.(wd)


Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru