-- Selamat Datang di Website Resmi SMK-PP Negeri Banjarbaru -- Jam Pelayanan Senin sd Kamis jam 08.00 sd 15.30 Wita (Istirahat: 12.30 sd 13.30), Jumat 08.00 sd 16.30 wita (Istirahat: 11.30 sd 14.00)

PUBLIKASI INFORMASI MELALUI PLATFORM FACEBOOK

Tanggal : 30-11-2021 14:22, dibaca 1003 kali.

Perkembangan dunia teknologi semakin lama semakin maju dan terus berinovasi, hal tersebut berdampak pada semakin banyaknya orang membutuhkan informasi yang cepat namun mudah diakses di berbagai tempat dan segala kondisi. Kondisi tersebut memunculkan kegairahan akan pertumbuhan dunia teknologi informasi yang semakin lama akan kental dengan kehidupan manusia di jaman ini.

Seiring perkembangan dan kebutuhan akan teknologi semakin tinggi, seperti misalnya: Handphone, Tablet, Komputer, Internet dll. Sedangkan kebutuhan informasi tentunya berhubungan dengan suara, gambar, data ataupun tulisan yang bisa di akses ataupun dibaca oleh para masyarakat, seperti berita, radio, baliho, spanduk, papan pengumuman dll.

Salah satu contoh perkembangan dan kemajuan teknologi bisa dilihat dari orang yang dahulu berkomunikasi jarak jauh harus melalui telepon rumah (1 desa cuma 1 atau bahkan tidak ada) telegram, fax, warung telepon (wartel), surat, dan itu membutuhkan waktu yang tidak cepat. Namun sekarang dengan kemajuan teknologi orang bisa berkomunikasi secara cepat dan murah dengan menggunakan telepon, handphone, sms, apalagi yang sekarang banyak digunakan orang seperti whatsapp, telegram, signal dll.

Bahkan melalui platform media sosial yang sudah beberapa tahun ada pun bisa, seperti facebook, Instagram, twitter dll. Khususnya facebook yang sempat viral di awal 2010an pun bisa melakukan kirim pesan singkat lewat pesan, bahkan mencari orang pun bisa dilakukan, seperti kasus anak Indonesia yang di adopsi oleh warga negara asing dan terpisah dengan keluarganya sejak lama, karena facebook mereka dapat bertemu Kembali pada saat besar.

Maka saat ini informasi dan data di belahan dunia yang lain sudah terasa semakin gampang didapat dan tidak terdapat jarak karena cepatnya akses informasi dan data yang membuat dunia ini seolah kita menggenggam dunia dalam tangan kita, seperti sebuah slogan iklan yaitu "Dunia Dalam Genggamanmu".

Searah dengan kondisi tersebut, pada saat ini pemerintah telah menggalakan pemanfaatan teknologi informasi (internet) dalam menunjang aktifitas kegiatan pemerintahannya, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk menuju terwujudnya e-Government.

Maka, peran dan fungsi pemerintah dalam kerangka mensosialisasikan kebijakan dan informasi yang cepat sangat mutlak diperlukan. Salah satu langkah yang dilakukan adalah menggunakan sarana media sosial yang ada sekarang, seperti facebook yang sudah lama ada.

Terus apa manfaat facebook bagi instansi pemerintah, dalam perannya sebagai media sosial, yang dapat di akses oleh masyarakat luas.

Beberapa manfaat yang dapat dilakukan oleh instansi pemerintah dalam penggunaan facebook seperti misalnya penyebaran informasi baik berita, info, pemberitahuan dan bahkan sebagai sarana kirim kesan dan saran.

Pemanfaatan fasilitas yang disediakan oleh facebook ini biasanya dapat digunakan melalui fitur yang ada di fanpage, yang merupakan halaman khusus bagi penggemar atau pengikut yang ingin mengetahui informasi terbaru dari instansi ataupun seseorang.

Pada menu fanpage ini sendiri tersedia menu status, informasi tentang website, email, jam buka, channel youtube, twitter, Instagram, peta lokasi dan sarana kirim pesan serta tanya jawab.

Selain itu di fanpage facebook ini instansi atau orang bisa menyampaikan informasi terkait informasi, pengumuman, berita, foto-foto, video, jadwal acara, lowongan pekerjaan, dan bahkan bisa melakukan siaran langsung.

Maka, fitur-fitur yang ada ini bisa dimanfaatkan oleh instansi pemerintah, seperti dalam menyembaran informasi baik itu terkait tentang pengumuman, informasi terbaru, pemberitaan, foto-foto, video, jadwal acara, lowongan pekerjaan, dan juga melakukan siaran langsung.

Seperti dijelaskan diatas, pemanfaatan fanpage facebook ini sangat membantu suatu instansi dalam mempromosikan, memperkenalkan dan mengenalkan instansi tersebut. Pemanfaat ini bisa dilakukan oleh semua pegawai yang ada di instansi masing-masing atuapun melalui fungsional tertentu, khususnya Fungsional Pranata Humas.

Karena dalam fungsi dan peran dari Pranata Humas sendiri adalah Pelayanan Informasi Dan Kehumasan, yang di dalamnya berisi Perencanaan, Pelayanan Informasi dan Kehumasan, Pelaksanaan Hubungan Eksternal dan Internal, dan Audit Komunikasi kehumasan.

Namun, dewasa ini masyarakat yang menggunakan facebook cenderung berkurang, seiring adanya platform media sosial yang lainnya seperti Instagram, tiktok dan youtube.

Oleh sebab itu fungsi dan peran media sosial dalam hal ini fanpage facebook yang cenderung berkurangnya orang mengaksesnya. Namun hal ini tidak bisa memungkiri penyebaran informasi melalai kanal ini harus tetap dilakukan. Sebab, diantara masyarakat umum masih ada yang mengakses facebook setiap harinya.

Jadi Aplikasi yang dikembangkan oleh Mark Zuckerberg bersama beberapa teman kuliahnya di Universitas Harvard, yaitu Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz  dan  Chris  Hughes,  pada  4  February  2004.

Pada  awalnya,  Facebook hanya  digunakan  untuk  kalangan  terbatas  di  lingkungan  kampus  saja.  Pengguna Facebook, pada tahun 2012 baru mencapai 1 miliar dan pada tahun 2014 ini sudah mencapai 1,2 miliar pengguna.Situs ini dengan corak  tampilan  yang  lebih  modern  memungkinkan  orang  untuk  berkenalan  dan mengakses informasi seluas-luasnya.

Facebook merupakan salah satu layanan jaringan sosial internet yang gratis dimana kita dapat membentuk jaringan dengan mengundang teman kita.18 Dari jaringan yang kita bentuk, kita dapat memperhatikan aktifitas mereka, mengikuti permainan/ join game yang direkomendasikan, menambahkan teman atau jaringan kita berdasarkan organisasi sekolah,  daerah  domisili  kita,  dan  bisa  dibilang  fasilitas  untuk  berteman  serta membina  kehidupan  sosial. 

Facebook  pun  memiliki  fitur  dan  konten  yang  sangat variatif  dan  inovatif  (termasuk  fitur  games,  survey,  aplikasi,  dan  lainnya).  Hal  ini pula  yang  menjadikan  facebook  banyak  diminati  orang  sehingga  menjadi  media jejaring social.

Maka, peran fanpage di facebook sangat berperan dalam penyebaran informasi yang akan disampaikan oleh pemerintah, sehingga masyarakat dapat menerima informasi yang di publikasikan. Informasi yang disebarkan melalui fanpage resmi tentunya memiliki kredibilitas yang valid, karena berasala dari instansi yang memilikinya.

Namun persaingan diantara media sosial dewasa ini semakin jelas, facebook yang sekarang mulai di tinggalkan dan tergantikan media sosial yang lain tentunya instansi pemerintah perlu mencoba platform media sosial yang lain, seperti Instagram, Youtube dan lain-lain. Serta tentunya pengguna dan penerima informasi harus benar-benar bijak memakainya.(WD)



Pengirim : Willy Darmawan
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas