-- Pelayanan di SMK-PP N Banjarbaru, Senin Sd Jumat (08.00 sd 15.30), Istirahat (12.30 sd 13.30) -- DI BUKA: PENERIMAAN CALON SISWA BARU TP. 2022/2023 -- 1 Juni: Hari Lahir Pancasila -- 5 Juni: Hari Lingkungan Hidup Sedunia -- 8 Juni: Hari Laut Sedunia -- 10 Juni: Hari Media Sosial -- 14 Juni: Hari Donor Darah Sedunia -- 21 Juni: Hari Krida Pertanian -- 26 Juni: Hari Anti Narkoba -- 29 Juni: Hari Keluarga Berencana --

BPP KOSTRATANI KENALKAN PERTANIAN DI OPEN DAY

Tanggal : 06/20/2022, 14:02:19, dibaca 75 kali.

Banjarbaru, -Seperti diketahui Kementerian Pertanian memanfaatkan program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) untuk menjaring banyak petani milenial. YESS merupakan program sinergi Kementerian Pertanian (Kementan) dengan IFAD yang fokus pada penumbuhan petani serta wirausaha muda pertanian.


Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Kementan akan terus memfasilitasi generasi muda agar bisa terjun menjadi petani serta wirausaha pertanian.  Selain itu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan penguatan Kostratani terus dilakukan karena Kostratani mengawal implementasikan program-program utama Kementan.


"Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemi ini," jelas Mentan SYL.


Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, menjelaskan dua kunci utama dalam pelaksanaan program YESS.


"Pertama program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua, sasaran dari program YESS yakni pemuda/i harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir," katanya.


Salah satu progres pelaksanaan program YESS, yaitu digelarnya Pameran Pertanian atau Open Day yang dilaksanakan oleh PPIU Kalimantan Selatan dalam hal ini SMK-PP Negeri Banjarbaru. Pameran pertanian bertajuk Open Day, yang digelar di Halaman Kampus SMK-PP N Banjarbaru (09/06).


Open Day seperti dijelaskan oleh Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso merupakan kegiatan untuk menarik masyarakat sekitar untuk berminat di bidang pertanian, terlebih menarik minat generasi mudanya.


Open Day ini menampilkan berbagai hasil pertanian, teknologi, budidaya baik hasil dari kelompok PWMP, KWT, BPP Kostratani, Perbankan, Dharma Wanita, dan Penerima Hibah Kompetitif. Dimana BPP yang ikut ini merupakan BPP yang terpilih oleh Kementerian Pertanian (Kementan) untuk menjadi model BPP Kostratani, dimana mereka menampilkan berbagai produk hasil sendiri dan binaannya.


Diantara peserta pameran ini berasal dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Model Kostratani, diantaranya dari BPP Kecamatan Karang Intan, dan BPP Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar. Selain itu ada juga dari 1 BPP dari Kota Banjarbaru


Koordinator BPP Mataraman, Amelia Sriwidyastuti yang hadir dalam Open Day mengatakan, “Ini sangat memberikan nilai positif bagi produk-produk pertanian dari petani kami di Kecamatan Mataraman”, Ujarnya.


“Kami membawa berbagai macam produk dan olahan pertanian dari petani kami termasuk petani muda yang salah satunya penerima manfaat dari Hibah Kompetitif, petani milenial serta dari Penerima Manfaat lainnya dari Program Yess Kementan”, Pungkasnya.


Lanjut Laena jullah, selaku Supervisor BPP Karang Intan, “Hari ini kami mengikuti pameran pertanian di SMK-PP Negeri Banjarbaru, disini kami memperkenalkan produk-produk kami dari KWT, petani milenial, Kelompok Tani binaan, serta produk penerima Hibah Kompetitif Porgram Yess”, Ujarnya.


“Adanya pameran ini semoga semakin mengenalkan produk-produk pertanian kami, serta adanya kegiatan Yess ini, pemuda-pemudi khususnya di Kecamatan Karang Intan, dapat lebih tertarik dan meningkat dalam berusaha di bidang pertanian yang lebih Maju, Mandiri, Modern”, Pungkasnya.


Tim Ekpos SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas