-- Pelayanan di SMK-PP N Banjarbaru, Senin Sd Jumat (08.00 sd 15.30), Istirahat (12.30 sd 13.30) -- DI BUKA: PENERIMAAN CALON SISWA BARU TP. 2022/2023 -- 1 Juni: Hari Lahir Pancasila -- 5 Juni: Hari Lingkungan Hidup Sedunia -- 8 Juni: Hari Laut Sedunia -- 10 Juni: Hari Media Sosial -- 14 Juni: Hari Donor Darah Sedunia -- 21 Juni: Hari Krida Pertanian -- 26 Juni: Hari Anti Narkoba -- 29 Juni: Hari Keluarga Berencana --

PELATIHAN KAPASITAS PEMUDA MELALUI LITERASI KEUANGAN

Tanggal : 06/23/2022, 08:17:40, dibaca 70 kali.

Tanah Laut, – Melalui program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS), Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya meningkatkan produktivitas sektor pertanian, yang ditempuh melalui peningkatan kapasitas dan kompetensi petani milenial di berbagai daerah.


Hal ini ditunjukan dengan target mencetak 2,5 juta petani milenial pada 2024 mendatang, mengingat regenerasi petani merupakan hal mutlak yang harus segera dilakukan bila pembangunan pertanian mau terus berjalan.


Hal tersebut sebagaimana arahan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) bahwa pertumbuhan pertanian harus diikuti oleh SDM yang andal.


“SDM pertanian yang andal dapat meningkatkan bobot pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas petani dan penyuluh sebagai ujung tombak kegiatan pertanian,” kata SYL.


Lanjut SYL, "Yang harus dilakukan besok, kalau dalam pikiran saya adalah bagaimana produktivitas dari pertanian bisa diangkat dengan baik. Jadi di kepala kita, harus ada kata maju, mandiri dan modern. Karena yang modern itu tentu dengan teknologi, dimana kemajuan pertanian tidak mungkin hadir tanpa teknologi. Di sana, anda membawa riset science dan teknologi, serta keterampilan”.


Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi pun menegaskan bahwa peningkatan kapasitas petani sebagai upaya pengembangan pertanian dari hulu hingga hilir dapat dilakukan dengan berbagai aspek.


"Pembinaan dapat dilakukan melalui bimbingan pelatihan dari aspek kelembagaan, sarana prasarana, ketenagaan, penyelenggaraan pelatihan/permagangan, usaha dan jejaring kerja," kata Dedi.


Dalam meregenerasi petani, Kementan melalui BPPSDMP hadir dengan Program Youth Enterpreneur Support Service (YESS) yang terbagi di empat provinsi, salah satunya Kalimantan Selatan.


SMK-PP Negeri Banjarbaru selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalimantan Selatan kembali melaksanakan peningkatan kapasitas pemuda melalui literasi keuangan bagi kelompok sasaran program YESS yang dilaksanakan pada 21- 22 Juni 2022 di Kecamatan Tambang Ulang, Tanah Laut.


Kegiatan yang digelar serentak di 4 kecamatan ini masing-masing diikuti oleh 25 orang peserta yang merupakan para calon penerima manfaat (CPM) Program YESS / kelompok sasaran YESS. Dimana seluruh peserta dibekali materi mengenai literasi keuangan selama kegiatan berlangsung, dan diberikan praktik simulasi agar dapat lebih memahami pada masing-masing materi yang ada.


Selain tambang ulang, kegiatan serupa juga berlangsung di tiga kecamatan lainnya di Kabupaten Tanah Laut, yaitu Kecamatan Kurau, Kecamatan Bati-Bati dan Kecamatan Bumi Makmur.


Tim Ekpos SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas