-- Selamat Datang di Website Resmi SMK-PP Negeri Banjarbaru -- Jam Pelayanan Senin sd Kamis jam 08.00 sd 15.30 Wita (Istirahat: 12.30 sd 13.30), Jumat 08.00 sd 16.30 wita (Istirahat: 11.30 sd 14.00)

Pencarian
Waktu saat ini
Pelayanan
Program Yess
Pelayanan Publik
PPID SMKPPN Banjarbaru
Layanan & Perizinan
Dokumentasi & Informasi HukumPerpustakaan KementanPengaduan Bagi MasyarakatLayanan Aspirasi & PengaduaanE-Publikasi KementanPerizinan KementanSimpellPenelusuran‚Ä© Alumni
Agenda
23 September 2023
M
S
S
R
K
J
S
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
Jajak Pendapat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat

SEKOLAH ADAKAN SIMULASI ASESMEN NASIONAL 2022

Tanggal : 08/11/2022, 13:13:32, dibaca 1065 kali.

BANJARBARU - Dalam mencetak SDM Pertanian yang unggul dan berdaya saing, Kementerian Pertanian terus melakukan gebrakan. Selain melalui pelatihan vokasi yang baru-baru ini serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia, Kementan mendorong melalui pendidikan vokasi yang juga menjadi kunci terhadap cikal bakal lahirnya petani milenial.


SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai sekolah vokasi terus berupaya mencipatakan lulusan yang kompeten dan berkemampuan di bidang pertanian. Salah satu upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan diadakannya Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBN), tentunya hal tersebut perlu persiapan atau simulasi.


Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pertanian mengadakan persiapan atau simulasi Asesmen Nasiona Berbasis Komputer (ANBJ). Simulasi ANBK sendiri diikuti 6 Guru dan 12 siswa kelas XI Tahun Pelajaran 2022/2023 SMK-PP Negeri Banjarbaru.


Simulasi Asesmen Nasional kali ini dilaksanakan di Laboratorium Komputer dan Laboratorium Bahasa SMK-PP N Banjarbaru selama 2 hari, terhitung sejak Senin (8/8/2022). Dimana bentuk Asesmen berupa Pilihan ganda, Pilihan Ganda Kompleks, Menjodohkan, Isian Singkat, dan Uraian.


Proktor ANBK SMK-PP Negeri Banjarbaru, Fibirian Hendra Kusumu menjelaskan, “ANBK ini untuk mengetahui kesiapan sekolah dalam infrastruktur dan jaringannya, sehingga nantinya pada saat ANBK pada kondisi yang sudah siap, untuk itu pada pelaksanaan hanya diiikuti beberapa siswa dan guru, yang bertujuan menyimulasikan secara teknis pelaksanaannya”, Ujarnya.


Wakil Kepala SMK-PP N Banjarbaru Bidang Kurikulum, Airin Nurmarita menambahkan, “Pada simulasi Asesmen Nasional kali ini merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan Pendidikan”, Terangnya.


Nantinya pada saat Asesmen dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini siswa akan di uji yang terdiri dari 3 instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.


Setelahnya peserta selanjutnya akan melakukan Asesmen Nasional yang akan menunggu jadwal dari Kemendikbud. Dimana untuk melihat input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan Pendidikan, termasuk SMK-PP N Banjarbaru sebagai sekolah vokasi dibawah Kementan.


Kementerian Pertanian sendiri melalui Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan untuk mendukung pembangunan pertanian, generasi muda mempunyai peran penting.


“Karena, untuk melanjutkan pembangunan di sektor pertanian dibutuhkan dukungan dari SDM pertanian yang maju, mandiri, dan modern. Dan tentunya itu bisa didapatkan dari bangku pendidikan vokasi,” katanya.


Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menyampaikan bahwa petani milenial mempunyai peran penting dalam melanjutkan pembangunan disektor pertanian.


“SDM pertanian adalah pengungkit terbesar produktivitas pertanian. Maka pendidikan vokasi menjadi salah satu kunci terhadap cikal bakal lahirnya petani milenial,” katanya.


Tim Ekpos SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas